PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN MANGUNSARI SEMARANG


Sarwo Edi Wibowo, 1401409181 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN MANGUNSARI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN MANGUNSARI SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN MANGUNSARI SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang menekankan siswa untuk mencari atau menemukan pengetahuanya sendiri. Data awal yang di dapatkan peneliti menunjukkan bahwa pada kelas V semester I banyak siswa yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Data hasil belajar dari 24 siswa, hanya 9 siswa (37,5%) yang mendapat nilai diatas KKM dan sisanya 15 siswa (62,5%) nilainya dibawah KKM. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu IPA merupakan materi yang sulit dipahami, minat belajar siswa yang rendah, dan guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, serta media kurang menarik. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas V tersebut dengan menerapkan model Think-Pair-Share dengan media CD Pembelajaran. Rumusan masalah penelitian: bagaimana meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA di kelas V SDN Mangunsari Kota Semarang melalui model Think-Pair-Share dengan media CD Pembelajaran? Tujuan penelitian yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Mangunsari Kota Semarang Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SDN Mangunsari Kota Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata skor 18 kriteria baik, meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 23 kriteria baik, meningkat pada siklus III rata-rata skor 28 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 18,29 kriteria baik, meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 20,33 kriteria baik. Pada siklus III aktivitas siswa memperoleh skor rata-rata 23,58 kriteria sangat baik. Ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 62,5% ,sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 70,8%, kemudian ada siklus III ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah model Think-Pair-Share dengan media CD Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Mangunsari Kota Semarang. Saran yang diberikan adalah agar model Think-Pair-Share dengan media CD Pembelajaran dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA, Think-Pair-Share, CD Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 10 Oct 2013 09:48
Last Modified: 10 Oct 2013 09:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17428

Actions (login required)

View Item View Item