PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG

APRILIA ISTI WARDANI, 1401409180 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG)
Download (3706Kb)

    Abstract

    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang yang belum optimal. Hal ini dikarenakan guru belum optimal dalam menggunakan model dan media pembelajaran. Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah. Dampaknya pemahaman siswa rendah yang ditunjukkan sebesar 54% siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Pembelajran IPS akan ditingkatkan dengan menggunakan model talking stick dengan media visual. Talking stick adalah model pembelajaran dengan menggunakan tongkat, siswa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan. Model talking stick akan mendorong siswa untuk aktif, membantu siswa memahami materi dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model talking stick dengan media visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model talking stick dengan media visual pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri atas satu pertemuan terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.. Subjek penelitian ini adalah guru dan 37 siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 16 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 22 dengan kriteria baik dan siklus III memperoleh skor 27 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 11,7 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 15,1 dengan kriteria baik dan siklus III memperoleh skor 16,8 dengan kriteria baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 63,8% dengan rata-rata kelas 64, siklus II 74% dengan rata-rata kelas 70,2 dan 86,48% pada siklus III dengan rata-rata kelas 73,8. Simpulan dalam penelitian ini adalah model talking stick dengan media visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang. Saran yang diberikan adalah guru hendaknya menggunakan model dan media pembelajaran dengan optimal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS, model talking stick, media visual.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 10 Oct 2013 05:50
    Last Modified: 10 Oct 2013 05:50

    Actions (login required)

    View Item