PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TEMATIK DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS III B SDN WATES 01 KOTA SEMARANG


VITA ARIFA, 1401409178 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TEMATIK DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS III B SDN WATES 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TEMATIK DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS III B SDN WATES 01 KOTA SEMARANG SKRIPSI]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TEMATIK DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS III B SDN WATES 01 KOTA SEMARANG SKRIPSI)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Kualitas pembelajaran IPA pada kelas III B SDN Wates 01 Kota Semarang masih belum optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa masalah antara lain pada pembelajaran di kelas guru masih menyajikan mata pelajaran secara terpisah-pisah. Siswa masih berfikir secara konkret sehingga belum mampu memilah konsep dari berbagai disiplin ilmu. Permasalahan tersebut juga didukung berdasarkan data dokumen menunjukkan sebanyak 59% siswa kelas III B SDN Wates 01 Kota Semarang masih mendapat nilai rata-rata dibawah KKM yaitu 62. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model tematik dengan media CD interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas III B SDN Wates 01 Kota Semarang dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan aktivitas siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model tematik dengan media CD interaktif Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari III siklus, masing-masing siklus 2 pertemuan. Adapun tahapannya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Wates 01 Kota Semarang. Subjek penelitian ini adalah guru dan 12 siswa kelas III B SDN Wates 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pengamatan keterampilan guru pada siklus I dengan kategori baik, siklus II kategori baik dan sangat baik pada siklus III. Aktivitas siswa pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan kategori cukup, siklus II dengan kategori baik, dan siklus III dengan kategori baik. Peningkatan aktivitas pada setiap siklusnya dapat ditunjukan dengan siswa dapat menghubungkan meteri dengan kehidupan sehari-hari, berpartisipasi aktif dengan CD interaktif dan bekerjasama dalam diskusi kelompok. Selain itu dari hasil evaluasi pada siklus I dengan presentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa yaitu 61%, siklus II sebesar 74%, sedangkan pada siklus III lebih meningkat menjadi 86% . Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model tematik dengan media CD interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas III B SDN Wates 01 Kota Semarang. Dalam menerapkan model pembelajaran ini disarankan guru agar memadukan mata pelajaran dengan tepat dan lebih meneliti kelengkapan media CD interaktif seperti sebelum pembelajaran di mulai sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, Tematik, CD Interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 10 Oct 2013 09:51
Last Modified: 10 Oct 2013 09:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17426

Actions (login required)

View Item View Item