AKREDITASI SEKOLAH DAN KINERJA GURU SEJARAH SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2005 – 2006


Diah Ika Puspita , 3101403522 (2007) AKREDITASI SEKOLAH DAN KINERJA GURU SEJARAH SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2005 – 2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of AKREDITASI SEKOLAH DAN KINERJA GURU SEJARAH SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2005 – 2006] PDF (AKREDITASI SEKOLAH DAN KINERJA GURU SEJARAH SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2005 – 2006) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Tujuan diadakan akreditasi adalah untuk memperoleh gambaran kinerja sekolah dalam menyelenggarakan pelayanan pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah kinerja guru Sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung tahun 2005-2006, (2) bagaimanakah peningkatan mutu guru sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung tahun 2005-2006, dan (3) apakah akreditasi sekolah dapat meningkatkan kinerja guru Sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung Tahun 2005-2006. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kinerja guru setelah adanya usaha peningkatan profesionalismenya, (2) untuk mengetahui upaya meningkatkan mutu guru sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri I Parakan Kabupaten Temanggung , dan (3) untuk mengetahui pengaruh akreditasi sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri I Parakan Kabupaten Temanggung tahun 2005-2006. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung.. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Informan kunci adalah guru sejarah SMA Negeri I Parakan Kabupaten Temanggung yang berjumlah tiga orang. Sedangkan informan pendukung adalah kepala sekolah, empat orang wakil kepala sekolah yang membidangi bidang masing-masing, serta siswa SMA Negeri I Parakan Kabupaten Temanggung. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa kinerja guru sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri I Parakan Kabupaten Temanggung menyusun silabus, rencana pembelajaran, membuat media pengajaran, dan memvariasikan metode mengajar. Hal ini sebagai langkah persiapan guru sebelum mengajar serta keaktifan guru dalam melakukan kegiatan evaluasi dan remidial, di samping itu guru sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri I Parakan Kabupaten Temanggung aktif mengikuti musyawarah guru mata pelajaran sejarah (MGMP) yang dilakukan satu kali dalam satu minggu. Guru sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri I Parakan Kabupaten Temanggung telah mampu dalam hal peningkatan mutunya dilakukan dengan cara: (1) mengikuti penataran, (2) mengikuti seminar, (3) mengikuti workshop, (4) mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) sejarah yang diadakan satu minggu sekali, (5) belajar mandiri merupakan kegiatan yang paling penting dilakukan oleh guru untuk meningkatkan pengetahuannya sebagai bekal dalam mengajar, (6) guru sejarah dengan mengikuti kegiatan studi banding untuk membandingkan kualitas kinerja kita, sehingga kita bisa mengoreksi apakah kekurangan dan kelebihan kita dalam mengajar, (7) mengikuti karyawisata untuk melihat secara langsung peninggalan peristiwa sejarah, misalnya mengunjungi museum, monumen peringatan, dan lain-lain. Adanya akreditasi sekolah sangat berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru sejarah mulai dari kedisiplinan waktu mengajar, memberikan penugasan dan ulangan baik harian maupun ulangan umum, penilaian, pengevaluasian, remidial, administrasi. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah: (1) pemerintah hendaknya melakukan akreditasi sekolah secara kontinyu dan berkesinambungan agar mutu sekolah dapat lebih meningkat dan mampu bersaing dengan negara lain, (2) bagi sekolah hendaknya lebih meningkatkan sarana dan prasarana sekolah serta mengadakan pelatihan guru terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran sejarah, (3) bagi guru hendaknya meningkatkan kualitas diri mengembangkan kemampuannya melalui pelatihan-pelatihan sesuai dengan bidang studi yang diampunya dan aktif dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) sejarah sebagai sarana peningkatan dan kinerja guru dalam hal profesionalisme yang berkaitan dengan tugas guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akreditasi Sekolah, Kinerja Guru Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2011 03:46
Last Modified: 25 Apr 2015 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item View Item