PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DONGENG JAWA MELALUI PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW BERBANTUAN TIMELINE CHART SISWA KELAS VA SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG


BEKTI NANDA PRATIWI NINGTYAS, 1401409162 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DONGENG JAWA MELALUI PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW BERBANTUAN TIMELINE CHART SISWA KELAS VA SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DONGENG JAWA MELALUI PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW BERBANTUAN TIMELINE CHART SISWA KELAS VA SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DONGENG JAWA MELALUI PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW BERBANTUAN TIMELINE CHART SISWA KELAS VA SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran bahasa Jawa, pokok bahasan membaca pemahaman dongeng Jawa pada siswa kelas VA SDN Sampangan 01 ditemukan permasalahan bahwa selama pembelajaran guru belum menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi bacaan. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami kosakata, menemukan ide pokok, dan menuliskan sinopsis cerita. Hasilnya sebanyak 35% siswa belum dapat mencapai KKM yang ditentukan yaitu 62. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) apakah Preview Question Read Reflect Review berbantuan timeline chart dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran membaca pemahaman dongeng Jawa pada siswa kelas VA SDN Sampangan 01 Semarang, 2) apakah Preview Question Read Reflect Review berbantuan timeline chart dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam membaca pemahaman dongeng Jawa pada siswa kelas VA SDN Sampangan 01 Semarang, 3) apakah Preview Question Read Reflect Review berbantuan timeline chart dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca pemahaman dongeng Jawa pada siswa kelas VA SDN Sampangan 01 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan siswa dalam membaca pemahaman dongeng Jawa pada siswa kelas VA SDN Sampangan 01 Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus masing – masing siklus dua pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN Sampangan 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru. Pada siklus I guru memperoleh skor rata – rata 21 kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 25,5. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 20,52 kategori aktif dan pada siklus II meningkat 29,06 kategori sangat aktif. Keterampilan siswa dalam membaca pemahaman dongeng Jawa menunjukkan peningkatan yaitu 76% pada siklus I dan 82,5 % pada siklus II. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Preview Question Read Reflect Recite Review berbantuan timeline chart dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan siswa dalam membaca pemahaman dongeng Jawa. Saran bagi guru, hendaknya menggunakan strategi pembelajaran yang lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca pemahaman, dongeng Jawa, Preview Question Read Reflect Recite Review
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 10 Oct 2013 09:55
Last Modified: 10 Oct 2013 09:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17419

Actions (login required)

View Item View Item