PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IVA SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG
ADE IRMA SETIYANI , 1401409132 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IVA SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IVA SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG)
Download (5MB) | Preview |
Abstract
IPS adalah ilmu yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Berdasarkan data awal selama PPL di kelas IVA SDN Purwoyoso 03, ditemukan fakta bahwa pembelajaran IPS tidak berkualitas ditunjukkan guru belum mengembangkan pembelajaran inovatif, kurang memanfaatkan media pembelajaran akibatnya siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar siswa rendah yaitu 61,5% siswa tidak tuntas. Solusi untuk memecahkan masalah tersebut dengan menerapkan PTK menggunakan model Snowball Throwing dengan media Audio Visual. Rumusan masalah umum penelitian ini yaitu apakah melalui model Snowball Throwing dengan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS ?. Rumusan masalah khusus penelitian ini yaitu apakah melalui model Snowball Throwing dengan model Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS ?. Tujuan umum penelitian ini yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran IPS menggunakan model Snowball Throwing dengan media Audio Visual. Tujuan khusus penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model Snowball Throwing dengan media Audio Visual Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan non tes yang terdiri dari observasi, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran IPS. Pada siklus I rata-rata skor keterampilan guru adalah 25,5 (kategori baik), ratarata skor aktivitas siswa 20,3 (kategori baik), rata-rata nilai hasil belajar siswa 67,69 dengan ketuntasan klasikal 69,23 %. Pada siklus II, rata-rata skor keterampilan guru 35,5 (kategori sangat baik), rata-rata skor aktivitas siswa 26,2 (kategori baik), ratarata hasil belajar 81,93 dengan ketuntasan klasikal 84,62 %. Simpulan penelitian ini yaitu model Snowball Throwing dengan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru,aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVA. Saran peneliti sebaiknya guru menerapkan model Snowball Throwing dengan media Audio Visual dalam kegiatan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Snowball Throwing, media Audio Visual, kualitas pembelajaran IPS. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22833 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 17:45 |
Last Modified: | 22 May 2014 17:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17417 |
Actions (login required)
View Item |