PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA MELALUI METODE MEDIA CATATAN HARIAN SISWA KELAS VC SDN KARANGAYU 02 SEMARANG


Dian Marta Wijayanti , 1401409125 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA MELALUI METODE MEDIA CATATAN HARIAN SISWA KELAS VC SDN KARANGAYU 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA MELALUI METODE MEDIA CATATAN HARIAN SISWA KELAS VC SDN KARANGAYU 02 SEMARANG ]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA MELALUI METODE MEDIA CATATAN HARIAN SISWA KELAS VC SDN KARANGAYU 02 SEMARANG )
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran Bahasa Jawa berfungsi untuk memperkenalkan siswa mengenal dirinya dan budaya daerahnya. Hal ini dikarenakan dalam kurikulum pembelajaran bahasa, materi dikembangkan dengan tujuan untuk mempersiapkan peserta didik menguasai kompetensi yang menjadikan mereka mampu merefleksikan pengalamannya sendiri dan pengalaman orang lain, mengungkapkan gagasan dan perasaan, dan memahami beragam nuansa makna dalam bahasa yang diajarkan. Namun pada pembelajaran keterampilan menulis narasi berbahasa Jawa di kelas VC SDN Karangayu 02 Semarang masih rendah. Data hasil belajar menunjukkan 59,18% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan metode variatif yang dapat menarik minat siswa. Selain itu, guru juga belum menggunakan media inovatif yang mampu meningkatkan keterampilan menulis narasi berbahasa Jawa. Maka diperlukan alternatif perbaikan dengan menggunakan metode probing-prompting dan media catatan harian. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis narasi berbahasa Jawa melalui metode probing-prompting dengan media catatan harian siswa kelas VC SDN Karangayu 02 Semarang; (2) meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis narasi berbahasa Jawa melalui metode probing-prompting dengan media catatan harian siswa kelas VC SDN Karangayu 02 Semarang; dan (3) meningkatkan keterampilan menulis narasi berbahasa Jawa melalui metode probing-prompting dengan media catatan harian siswa kelas VC SDN Karangayu 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas VC SDN Karangayu 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 24,60 dengan kategori baik kemudian meningkat pada siklus II mendapat rata-rata skor 26,13 dengan kategori baik. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mendapat rata-rata skor 20 dengan kategori baik mekudian meningkat pada siklus II mendapat rata-rata skor 25 dengan kategori baik. Keterampilan menulis narasi meningkat dari siklus I dengen persentase ketuntasan belajar 70% dan siklus II dengan persentase ketuntasan belajar siswa 86,67% dari 30 siswa. Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode probing-prompting dan media catatan harian sebagai alternatif metode yang variatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sekolah diharapkan juga memfasilitasi sarana prasarana yang dibutuhkan selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis narasi berbahasa Jawa, metode probing-prompting, media catatan harian
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:48
Last Modified: 22 May 2014 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17415

Actions (login required)

View Item View Item