PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI WATES 01 SEMARANG


DANI SETIAWAN , 1401409119 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI WATES 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI WATES 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI WATES 01 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri, alam sekitar, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat permasalahan pada pembelajaran IPA di kelas IVB SDN Wates 01 Semarang. Permasalahan tersebut diantarannya guru belum memberikan orientasi masalah yang menantang dan berhubungan dengan dengan kehidupan nyata sehingga siswa kurang aktif, selain itu penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal membuat siswa kurang termotivasi. Akibatnya, ketuntasan belajar klasikal siswa hanya 35%. Untuk itu diperlukan upaya peningkatan kualitas pembelajaran IPA dikelas IVB dengan menerapkan model Problem Based Instruction. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan keterampilan guru,aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Wates 01 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah : meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis adalah Penelitian tindakan kelas, dengan menerapkan model Problem Based Instruction yang dilakukan selama tiga siklus. Dimana setiap siklusnya dialakukan perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Wates 01 Semaran. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes dan non tes (pengamatan, catatan lapangan). Kemudiaan dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan : (1) Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 22 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 26 dengan kriteria baik dan siklus III memperoleh skor 30 dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 18,09 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 23,03 dan mendapatkan skor 25,25 pada siklus III dengan kriteria baik. (3) Hasil belajar pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 57,5%, siklus II ketuntasan klasikal 67,5% dan siklus III mencapai ketuntasan klasikal 80% Kesimpulan dari penelitian ini dengan menerapkan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan kualitas pembelajaran (keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar) siswa dalam pembelajran IPA. Saran model Problem Based Instruction dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Model Problem Based Instruction
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:48
Last Modified: 22 May 2014 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17414

Actions (login required)

View Item View Item