PENERAPAN STRATEGI KREATIF-PRODUKTIF DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKANKUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG
SITI MURYANI , 1401409115 (2013) PENERAPAN STRATEGI KREATIF-PRODUKTIF DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKANKUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN STRATEGI KREATIF-PRODUKTIF DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKANKUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
IPS merupakan salah satu mata pelajaran di SD yang merupakan gabungan dari berbagai ilmu-ilmu sosial yang mengkaji tentang manusia dan lingkungannya. Masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya pembelajaran IPS yang belum optimal di kelasV SDN Karanganyar 01 Kota Semarang dikarenakan guru belum menggunakan strategi dan metode yang tepat dalam mata pelajaran IPS yang mengakibatkan kurangnya minat dan motivasi siswa. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Kota Semarang, hanya 30 dari 44 siswa yang mencapai KKM (sebanyak 31,81% mencapai KKM). Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran IPS yaitu melalui penerapan strategi kreatif-produktif dengan media audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah melalui strategi kreatifproduktif dengan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS siswa V SDN Karanganyar 01 Kota Semarang. Penelitian ini memakai jenis penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri atas satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 44 siswa kelas VSDN Karanganyar 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes berupa observasi, dokumentasi, dan produk. Teknik analisis data terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus 1 memperoleh skor 21 kriteria baik, siklus 2 memperoleh skor 30 kriteria sangat baik, dan siklus 3 memperoleh skor 34 kriterian sangat baik. Aktivitas siwa pada siklus 1 memperoleh skor 22,1 kriteria baik, siklus 2 memperoleh skor 22,6 kriteria baik, dan siklus 3 memperoleh skor 29,6 kriteria sangat baik. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus 1 memperoleh persentase 54,54%, siklus 2 memperoleh persentase 68,18%, dan siklus 3 memperoleh persentase 81,81%. Simpulan dari penelitian ini adalah strategi kreatif-produktif dengan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Kota Semarang. Dari hasil penelitian disarankan guru harus lebih inovatif dan kreatif untuk memilih strategi yang tepat, serta menggunakan multimetode dan multimedia dalam pembelajaran IPS, bagi siswa harus lebih aktif dalam pembelajaran, dan bagi lembaga, khususnya kepala sekolah harus melaksanakan pelatihan dalam penelitian bagi para guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi kreatif-produkftif, media audio visual, kualitas pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22833 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 17:51 |
Last Modified: | 22 May 2014 17:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17413 |
Actions (login required)
View Item |