PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA TTS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 03 SEMARANG


Nurjana Tri Afdhila , 1401409109 (2013) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA TTS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA TTS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA TTS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 03 SEMARANG)
Download (12MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang ditemukan permasalahan pembelajaran IPA. Guru kurang variatif, kreatif dalam mengajar di kelas, hanya menekankan pada penyampaian materi dan pemberian tugas. Siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran, kurang antusias, kurang termotivasi dalam kegiatan diskusi, serta penggunaan media pembelajaran tidak maksimal. Rumusan masalah penelitian “Bagaimanakah cara meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang?”. Adapun rincian khusus “Apakah model Snowball Throwing dengan media TTS dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gunungpati 03 pada pembelajaran IPA?”. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang. Adapun tujuan khusus untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gunungpati 03 melalui model Snowball Throwing dengan media TTS. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 31 kategori baik, meningkat menjadi 38,5 kategori sangat baik pada siklus II. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 18,99 kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 25,14 kategori baik. Persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 55,56% dengan nilai rata-rata 60,53 meningkat menjadi 77,78% nilai ratarata 72,76 pada siklus II. Simpulan penelitian adalah model Snowball Throwing dengan media TTS dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA. Sedangkan saran yang diberikan yaitu guru hendaknya dapat memilih dan menggunakan model pembelajaran inovatif yang tepat sesuai kondisi siswa, materi/bahan ajar, fasilitas yang tersedia, dan kondisi guru itu sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model Snowball Throwing, media TTS, aktivitas siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:52
Last Modified: 22 May 2014 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17412

Actions (login required)

View Item View Item