PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 1 KOTA SEMARANG


SHAIQUL UMAM , 1401409108 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 1 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 1 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 1 KOTA SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial ilmu yang mengkaji manusia dan interaksinya dengan lingkungan serta integrasi dari ilmu-ilmu sosial yang dirancang untuk menyiapkan siswa menjadi warga negara yang baik. Masalah dalam penelitian ini adalah kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Mangkangkulon 1 masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari keterampilan guru masih rendah, aktivitas siswa masih rendah, dani 36 siswa hanya 11 siswa atau 30% dari jumlah siswa yang dapat mencapai KKM 63. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran IPS yaitu melalui penerapan model learning cycle berbantuan media audiovisual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui model learning cycle berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Mangkangkulon 1?”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar kelas IV SDN Mangkangkulon 1 dalam pembelajaran IPS melalui model learning cycle berbantuan media audiovisual. Penelitian tindakan ini terdiri 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 36 siswa kelas IV SDN Mangkangkulon 1. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis terdiri data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini terdapat 3 variabel yaitu keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I pertemuan I skor 30 (baik), siklus I pertemuan II skor 41 (baik), siklus II pertemuan I skor 43 (sangat baik) dan siklus II pertemuan II skor 46 (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I skor 19,14 (baik), siklus I pertemuan II skor 22 (baik), siklus II pertemuan I skor 22,61 (baik) dan siklus II pertemuan II skor 23,15 (sangat baik). Ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I pertemuan I sebesar 41,7%. Pada siklus I pertemuan II sebesar 61,1%. Pada siklus II pertemuan I sebesar 69,4%. Pada siklus II pertemuan II sebesar 83,3%. Simpulan dari penelitian ini adalah model learning cycle berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang. Saran dari penelitian ini sebaiknya guru selalu berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan menggunakan model inovatif dan media yang menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS, model learning cycle, media audiovisual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:48
Last Modified: 22 May 2014 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17411

Actions (login required)

View Item View Item