PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING TEKNIK TANDUR BERBANTUKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SDN NGIJO 01 GUNUNGPATI


BETRIYANI , 1401409106 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING TEKNIK TANDUR BERBANTUKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SDN NGIJO 01 GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING TEKNIK TANDUR BERBANTUKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SDN NGIJO 01 GUNUNGPATI]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING TEKNIK TANDUR BERBANTUKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SDN NGIJO 01 GUNUNGPATI)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu keterampilan berbahasa, menulis merupakan suatu aspek kegiatan berbahasa yang sulit. Ketidakmampuan siswa menyusun kalimat, belum menguasai penggunaan ejaan, dan kurangnya kemampuan menuangkan ide dalam karangan merupakan penyebab rendahnya keterampilan menulis siswa.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model quantum learning teknik TANDUR berbantukan gambar seri dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan menulis karangan sederhana pada aspek isi dan aspek kebahasaan, serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan sederhana?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan menulis karangan sederhana pada aspek isi dan aspek kebahasaan, serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan sederhana melalui model quantum learning teknik TANDUR berbantukan gambar seri. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model quantum learning teknik TANDUR berbantukan gambar seri yang diterapkan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Ngijo 01 Gunungpati. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu pada siklus I perolehan skor aktivitas siswa 20,19. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 13% dengan perolehan skor 24,88 dan siklus III mengalami peningkatan sebesar 13% dengan perolehan skor 29,56. Pada aspek isi, skor rata-rata pada siklus I sebesar 9,44, pada siklus II sebesar 11, dan pada siklus III sebesar 13,12. Rata-rata skor pada aspek kebahasaan pada siklus I sebesar 15,31, pada siklus II sebesar 17,25, sedangkan pada siklus III sebesar 19,12. Pada pratindakan, nilai rata-rata kelas sebesar 60. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 6,25% dengan nilai rata-rata 61,4. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,5% dengan nilai rata-rata 70,12 dan siklus III mengalami peningkatan sebesar 25% dengan nilai rata-rata 80,86. Simpulan penelitian ini yaitu model quantum learning teknik TANDUR berbantukan gambar seri dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan menulis karangan sederhana pada aspek isi dan aspek kebahasaan, serta hasil belajar siswa kelas III SDN Ngijo 01. Saran peneliti hendaknya guru menerapkan model quantum learning teknik TANDUR berbantukan gambar seri dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan sederhana, model quantum learning, teknik TANDUR, gambar seri, siswa kelas III
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:52
Last Modified: 22 May 2014 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17410

Actions (login required)

View Item View Item