PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG

ARIEF JUANG NUGRAHA , 1401409104 (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG)
Download (3156Kb)

    Abstract

    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam KTSP mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS yang belum optimal di kelas V SDN Bringin 02 Kota Semarang dikarenakan guru kurang variatif dalam menerapkan model maupun media pembelajaran. Aktivitas siswa masih rendah dalam pembelajaran IPS. Dampaknya 23 dari 41 siswa atau 56 % jumlah kesuruhan siswa kelas V SDN Bringin 02 belum tuntas rata-rata nilai mata pelajaran IPS. Guna meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas tersebut diterapkan strategi pembelajaran kreatif-produktif melalui media audio visual Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkan strategi pembelajaran kreatif-produktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Bringin 02 Kota Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Bringin 02 Kota Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri atas satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 41 siswa kelas V SDN Bringin 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes berupa observasi, dokumentasi, dan produk. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 27 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 37 dengan kriteria baik dan pada siklus III memperoleh skor 42 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 17,4 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 21,09 dengan kriteria baik, dan pada siklus III memperoleh skor 23,24 dengan kriteria baik. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I mengalami ketuntasan belajar sebesar 63% dengan rata-rata 63 siklus II sebesar 76 % dengan rata-rata 74, dan siklus III sebesar 85% dengan rata-rata 80. Simpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran kreatif-produktif melalui media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Bringin 02 Kota Semarang. Saran yang diberikan adalah guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan bervariatif agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS; media audio visual; strategi pembelajaran kreatif-produktif
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwisetyo perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 13:52
    Last Modified: 22 May 2014 13:52

    Actions (login required)

    View Item