PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ARIAS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IIA SD Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 KOTA SEMARANG


HESTI FITRIANA , 1401409099 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ARIAS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IIA SD Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ARIAS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IIA SD Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ARIAS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IIA SD Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 KOTA SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SD Hj.Isriati Baiturrahman 1 ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas IIA. Pada saat pembelajaran siswa cenderung pasif. Siswa kurang memiliki rasa percaya diri dan keberanian untuk menjawab pertanyaan. Siswa kurang memiliki motivasi dalam mengikuti pembelajaran. Guru jarang melakukan variasi pembelajaran, media pembelajaran juga belum dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga hasil belajar IPS siswa rendah. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Salah satunya adalah menggunakanmodel ARIAS berbantuan media audio visual. Rumusan masalahnya yaitu apakah model ARIAS berbantuan media audio visualdapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS dengan model ARIAS berbantuan media audio visual. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Hj.Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang, dengan subjek guru dan siswa kelas IIA sebanyak 39 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, tes lisan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif baik deskriptif kuantitatif maupun deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 26 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 29 dengan kategori baik dan pada siklus III meningkat menjadi skor 34 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 24 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh skor rata-rata 25,1 dengan kategori sangat baik dan pada siklus III meningkat menjadi skor rata-rata 26,5 dengan kategori sangat baik. (3) Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 79 dengan persentase ketuntasan 62,54%, siklus IInilai rata-rata 85 dengan persentase ketuntasan 82,06% dan meningkat pada siklus III dengan nilai rata-rata 87 dengan persentase ketuntasan 89,75%. Ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus IIA> 85% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model ARIAS berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Saran bagi guru adalah model ARIAS berbantuan media audio visualdapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS, model ARIAS, media audio visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:52
Last Modified: 22 May 2014 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17407

Actions (login required)

View Item View Item