PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 06 SEMARANG

ANIS SEPTIANI , 1401409098 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 06 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 06 SEMARANG)
Download (9Mb)

    Abstract

    Semarang, ditemukan masalah dalam pembelajaran bermain drama. Hal ini dikarenakan kurangnya optimalisasi penggunaan metode dan media pembelajaran yang efektif oleh guru. Berdasarkan nilai semester satu (2012/2013), hanya 14 dari 41 siswa (34,15%) yang nilainya mencapai KKM yaitu 65. Maka perlu adanya suatu perbaikan pembelajaran yaitu melalui penerapan metode role playing dengan multimedia. Rumusan masalah penelitian adalah (1) apakah penerapan metode role playing dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran bermain drama di kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang?; (2) apakah penerapan metode role playing dengan multimedia dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran bermain drama di kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang?; (3) apakah penerapan metode role playing dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan bermain drama dalam aspek pelafalan, intonasi, dan improvisasi pada siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan bermain drama siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan 41 siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes yang meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data terdiri atas teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22 dengan kategori baik, pada siklus II menjadi 28 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rerata skor 19,12 dengan kategori baik, pada siklus II menjadi 21,73 dengan kategori sangat baik. Keterampilan bermain drama pada siklus I memperoleh rerata skor 7,41 dengan kategori cukup, pada siklus II menjadi 12,85 dengan kategori sangat baik. Sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar yang berupa data kuantitatif keterampilan bermain drama pada siklus I memperoleh persentase 68,29% dan pada siklus II menjadi 85,37%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan bermain drama siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang. Saran bagi guru sebaiknya menggunakan metode role playing dengan multimedia sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan bermain drama.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang, ditemukan masalah dalam pembelajaran bermain drama. Hal ini dikarenakan kurangnya optimalisasi penggunaan metode dan media pembelajaran yang efektif oleh guru. Berdasarkan nilai semester satu (2012/2013), hanya 14 dari 41 siswa (34,15%) yang nilainya mencapai KKM yaitu 65. Maka perlu adanya suatu perbaikan pembelajaran yaitu melalui penerapan metode role playing dengan multimedia. Rumusan masalah penelitian adalah (1) apakah penerapan metode role playing dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran bermain drama di kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang?; (2) apakah penerapan metode role playing dengan multimedia dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran bermain drama di kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang?; (3) apakah penerapan metode role playing dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan bermain drama dalam aspek pelafalan, intonasi, dan improvisasi pada siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan bermain drama siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan 41 siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes yang meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data terdiri atas teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22 dengan kategori baik, pada siklus II menjadi 28 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rerata skor 19,12 dengan kategori baik, pada siklus II menjadi 21,73 dengan kategori sangat baik. Keterampilan bermain drama pada siklus I memperoleh rerata skor 7,41 dengan kategori cukup, pada siklus II menjadi 12,85 dengan kategori sangat baik. Sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar yang berupa data kuantitatif keterampilan bermain drama pada siklus I memperoleh persentase 68,29% dan pada siklus II menjadi 85,37%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan bermain drama siswa kelas V SDN Purwoyoso 06 Semarang. Saran bagi guru sebaiknya menggunakan metode role playing dengan multimedia sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan bermain drama.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwisetyo perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 13:48
    Last Modified: 22 May 2014 13:48

    Actions (login required)

    View Item