PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI 03 SEMARANG


STEPHANIE PRISCA DEWI , 1401409097 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI 03 SEMARANG)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Hasil studi dokumentasi dan data semester ganjil pada kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang tahun ajaran 2012/2013, menunjukkan bahwa pembelajaran PKn masih belum optimal, hal ini disebabkan karena siswa masih cenderung pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru saat proses pembelajaran berlangsung, penerapan model dan media pembelajaran yang kurang tepat sehingga belum mampu meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Data hasil belajar menunjukkan sebanyak 70% (16 dari 23) siswa kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang masih mendapat nilai rata-rata ulangan harian di bawah KKM yaitu 63. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) apakah model Problem Solving dengan media Flashcard dapat meningkatkan keterampilan guru kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang dalam pembelajaran PKn?; (2) apakah model Problem Solving dengan media Flashcard dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang dalam pembelajaran PKn?; (3) apakah model Problem Solving dengan media Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang dalam pembelajaran PKn?. Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan keterampilan guru; (2) meningkatkan aktivitas siswa; dan (3) Meningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui model Problem Solving dengan media Flashcard. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus 1 pertemuan. Penelitian dilakukan di SDN Gunungpati 03 Semarang. Subjek penelitian tindakan ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013. Data hasil penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus I keterampilan guru mencapai persentase sebesar 67,3% dengan kategori baik, siklus II mencapai 86,5% dengan kategori sangat baik, dan pada siklus III mencapai 94,2% dengan kategori sangat baik. Sedangkan, aktivitas siswa pada siklus I mencapai 62% dengan kategori baik, siklus II mencapai 67,7% dengan kategori baik, dan pada siklus III mencapai 76,4% dengan kategori sangat baik. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan ditunjukkan dengan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 61%, siklus II sebesar 70%, dan siklus III mencapai 96% atau 22 dari 23 siswa tuntas belajar dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) mendapatkan nilai ≥ 63. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Solving dengan media Flashcard dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN Gunungpati 03 Semarang. Saran dari peneliti yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru dapat menerapkan model pembelajaran inovatif, khususnya model Problem Solving dengan media Flashcard.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PKn, Problem Solving, Flashcard
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:49
Last Modified: 22 May 2014 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17405

Actions (login required)

View Item View Item