Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan pada Siswa Kelas V di SDN Tunon 2 Kota Tegal


Ngatour Rokhman, 1401409076 (2013) Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan pada Siswa Kelas V di SDN Tunon 2 Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan pada Siswa Kelas V di SDN Tunon 2 Kota Tegal]
Preview
PDF (Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan pada Siswa Kelas V di SDN Tunon 2 Kota Tegal)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peneliti melihat rendahnya aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri Tunon 2 Kota Tegal. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V Darminto, S.Pd., dan Isnayanti, S.Pd. penulis menemukan bahwa guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi selama pembelajaran IPS. Siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, kemudian mencatat materi apa yang telah dijelaskan, siswa menghafal, kemudian guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang berakibat siswa menjadi bosan. Model pembelajaran yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan model pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif selama pembelajaran, siswa menemukan pengetahuannya sendiri, dan siswa bebas berkreasi selama mencatat materi. Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model mind mapping. Dengan model pembelajaran mind mapping, kegiatan mencatat menjadi tidak membosankan dan menyenangkan karena siswa bebas berkreasi selama mencatat. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Tunon 2 tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 48 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh, yaitu siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi (quasi experimental design) bentuk nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas dan uji independent sample t-test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen pada pertemuan pertama sebesar 70,31 dan termasuk kriteria tinggi. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen pada pertemuan kedua yaitu 76,30 dan termasuk kriteria sangat tinggi. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 2,511. Berarti nilai t hitung > t tabel, sehingga Ho ditolak atau Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping, Aktivitas, dan Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Sekolah Dasar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:52
Last Modified: 22 May 2014 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17404

Actions (login required)

View Item View Item