PERILAKU KECANDUAN PERMAINAN INTERNET DAN FAKTOR PENYEBABNYA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI)


Trecy Whitny Santoso, 1301408036 (2013) PERILAKU KECANDUAN PERMAINAN INTERNET DAN FAKTOR PENYEBABNYA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERILAKU KECANDUAN PERMAINAN INTERNET DAN FAKTOR PENYEBABNYA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI)]
Preview
PDF (PERILAKU KECANDUAN PERMAINAN INTERNET DAN FAKTOR PENYEBABNYA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI))
Download (778kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan dalam segala lapisan kehidupan masyarakat. Kreativitas manusia semakin berkembang sehingga mendorong diperolehnya temuan-temuan baru dalam bidang teknologi yang dimanfaatkan sebagai sarana peningkatan kesejahteraan umat manusia. Salah satu produk kreativitas manusia tersebut adalah permainan internet atau sering disebut dengan game online. Salah satu jenis perilaku permainan internet adalah euphoria adalah mendapatkan kesenangan dalam aktivitas bermain permainan internet. Dan salah satu penyebab siswa kecanduan permainan internet diantaranya adalah kurang perhatian dari orang-orang terdekat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana jenis-jenis perilaku kecanduan permainan internet dan factor penyebabnya. Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan penelitian pada focus penelitian Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian dalam penelitian ini berjumlah lima orang siswa dari kelas VIII. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan observasi sistematik. Hasil penelitian dan kesimpulan penelitian perilaku kecanduan permainan internet dan factor penyebabnya dengan pendekatan studi kasus menunjukkan bahwa terdapat tiga siswa yang telah mengalami kecanduan sebab tiga siswa tersebut telah memenuhi tiga dari enam jenis kecanduan permainan internet yakni FE (euphoria, tolerance, withdrawal, dan relapse and reinstatement), AA (cognitive salience, euphoria, intrapersonal conflict,dan tolerance), dan DS (euphoria, intrapersonal conflict,tolerance, dan relapse and reinstatement). Sedangkan AP (euphoria dan intrapersonal conflict), dan PG (cognitive salience dan euphoria) masing-masing baru memenuhi dua dari enam jenis kecanduan permainan internet. Dan secara keseluruhan semua jenis kecanduan permainan internet dan keenam factor penyebab kecanduan permainan internet (kurang perhatian dari orang tua siswa, stres atau depresi, kurang kontrol, kurang kegiatan, lingkungan, dan pola asuh) dialami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku kecanduan permainan internet, factor penyebabnya
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:52
Last Modified: 22 May 2014 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17403

Actions (login required)

View Item View Item