PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TGT MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL PADA SISWA KELAS 5B SDN BOJONG SALAMAN 02


SITI NURUL UMMAH , 1401409091 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TGT MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL PADA SISWA KELAS 5B SDN BOJONG SALAMAN 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TGT MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL PADA SISWA KELAS 5B SDN BOJONG SALAMAN 02]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TGT MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL PADA SISWA KELAS 5B SDN BOJONG SALAMAN 02)
Download (17MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di kelas 5B SDN Bojong Salaman 02 menunjukkan guru kurang variatif menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan, kurang konsentrasi, dan cenderung bermain. Penggunaan media masih terbatas menyebabkan beberapa anak kurang menguasai materi dan mengganggu temannya. 36% siswa belum mencapai KKM (63). Rumusan masalah penelitian: apakah model kooperatif TGT menggunakan media kartu soal dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas 5B SDN Bojong Salaman 02? Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar IPA melalui model kooperatif TGT menggunakan media kartu soal pada siswa kelas 5B SDN Bojong Salaman 02. Manfaat penelitian adalah guru dapat menerapkan model kooperatif TGT dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dengan dua pertemuan tiap siklusnya. Subjek penelitian adalah guru peneliti dan siswa kelas 5B SDN Bojong Salaman 02. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian: (1) Keterampilan guru siklus I memperoleh total skor 60 dengan kriteria baik dan siklus II memperoleh total skor 77 dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh total skor 49 dengan kriteria baik dan siklus II memperoleh total skor 57,6 dengan kriteria sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal siklus I 70% dan meningkat siklus II menjadi 90%. Simpulan adalah hasil penelitian melalui model kooperatif TGT menggunakan media kartu soal telah mencapai indikator keberhasilan sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Saran bagi guru agar dapat menerapkan model kooperatif TGT menggunakan media kartu soal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Model Kooperatif TGT, Media Kartu Soal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:53
Last Modified: 22 May 2014 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17402

Actions (login required)

View Item View Item