PENGARUH PERILAKU OVER PROTECTIVE ORANG TUA DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU HETEROSEKSUAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN PAMOTAN KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013


NURUL YUNIA SURYANI, 1301408031 (2013) PENGARUH PERILAKU OVER PROTECTIVE ORANG TUA DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU HETEROSEKSUAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN PAMOTAN KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERILAKU OVER PROTECTIVE ORANG TUA DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU HETEROSEKSUAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN PAMOTAN KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH PERILAKU OVER PROTECTIVE ORANG TUA DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU HETEROSEKSUAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN PAMOTAN KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena di SMP Negeri di kecamatan Pamotan menunjukkan bahwa perilaku heteroseksual siswa kelas VIII masih rendah, ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang masih banyak yang masih malu-malu untuk berinteraksi dengan lawan jenis, cenderung menutup diri dan menarik diri dari lawan jenis. Banyak siswa yang tidak mau berkelompok dengan lawan jenis. Melalui penelitian ini akan dikaji apakah ada pengaruh yang signifikan antara perilaku over protective orang tua, religiusitas terhadap perilaku heteroseksual siswa. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di kecamatan Pamotan kabupaten Rembang yang secara keseluruhan berjumlah 482 siswa, dan sampelnya 20% dari populasi yaitu 100 siswa. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dlakukan dengan menggunakan teknik simple ramdom sampling. Variabel bebas yang diteliti adalah perilaku over protective dan religiusitas, dan variabel terikatnya adalah perilaku heteroseksual. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, sedangkan alat pengumpulan datanya adalah skala psikologis. Validitas instrument dalam penelitian ini adalah validitas konstrak, diperoleh dengan rumus product moment dan reabilitas diperoleh dari rumus alpha. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan rumus deskriptif presentase dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku heteroseksual siswa tergolong rendah yaitu 61,66%, religiusitas tergolong tinggi yaitu 70,32%, dan perilaku over protective orang tua tergolong tinggi yaitu 70,56%. Dari hasil analisis uji hipotesis secara simultan diperoleh nilai Fhitung = 115,115 dengan sgnifikan sebesar 0,000 < 5%. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis kerja (Ha) diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan (bersama-sama) ada pengaruh antara perilaku over protective orang tua dan religiusitas secara signifikan terhadap perilaku heteroseksual siswa kelas VIII SMP Negeri di kecamatan Pamotan kabupaten Rembang tahun ajaran 2012/2013 sebesar 69,7%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku heteroseksual, perilaku over protective orang tua, religiusitas
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:56
Last Modified: 22 May 2014 17:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17400

Actions (login required)

View Item View Item