PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN PATI KELAS XI IPS TAHUN AJARAN 2008 / 2009


Hajar Pamuji, 3201404007 (2009) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN PATI KELAS XI IPS TAHUN AJARAN 2008 / 2009. UNSPECIFIED thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN PATI KELAS XI IPS TAHUN AJARAN 2008 / 2009]
Preview
PDF (PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN PATI KELAS XI IPS TAHUN AJARAN 2008 / 2009) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran setiap bidang studi diperlukan berbagai media pembelajaran dan sumber belajar. Peranan guru dalam memilih sumber belajar dan media pembelajaran yang sesuai sangat berpengaruh kepada proses pembelajaran, baik yang dilakukan dalam kelas maupun di luar kelas. Hal tersebut sesuai dengan pembelajaran geografi yang memiliki kajian interaksi manusia dengan lingkungannya maupun kajian interaksi antara manusia dengan manusia itu sendiri. Untuk itu keberadaan lingkungan dalam pembelajaran geografi tidak dapat dipisahkan sebagai sumber belajar yang mempunyai nilai lebih. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah: (1) sejauh mana guru geografi MAN di Kabupaten Pati dalam memanfatkan lingkungan sebagai sumber belajar geografi? (2) bagaimanakah usaha-usaha guru geografi MAN di Kabupaten Pati dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran mata pelajaran geografi?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh data objektif tentang pemanfaatan lingkungan oleh guru sebagai sumber belajar pada pembelajaran geografi dan (2) untuk mengetahui usaha-usaha guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran geografi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi MAN di Kabupaten Pati sebanyak 3 orang dan 72 siswa kelas XI IPS MAN di Kabupaten Pati yang sudah diambil berdasarkan sampel pada tiap kelasnya. Variabel yang diteliti yaitu pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi yang dikelompokkan dalam dua sub variabel yaitu: (1) mengelola program pembelajaran, (2) usaha guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar geografi. Data diambil dengan menggunakan teknik angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi di MAN Kabupaten Pati yaitu: (a) pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi MAN di Kabupaten Pati berdasarkan angket guru sebesar 73,77% termasuk kriteria baik, besaran angka tersebut diperoleh dari rerata sub variabel mengelola program pembelajaran sebesar 80,88% dan sub variabel usaha guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar geografi sebesar 66,67% (b) pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi berdasarkan angket siswa sebesar 71,97% termasuk kriteria baik, (c) pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi berdasarkan observasi sebesar 50% termasuk kriteria kurang baik. (2) Usahausaha guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar geografi ix berdasarkan wawancara dan dokumentasi dari rencana pelaksanaan pembelajaran diketahui guru geografi MAN di Kabupaten Pati sudah memprogramkan untuk melaksanakan pembelajaran luar kelas, dan memaksimalkan fasilitas yang menunjang untuk pembelajaran luar kelas. (3) Pemanfaatan lingkungan fisis dan lingkungan sosial sebagai sumber belajar geografi di MAN Kabupaten Pati termasuk baik, sedangkan pemanfaatan lingkungan budaya atau buatan sebagai sumber belajar geografi termasuk kriteria tidak baik Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa (1) pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi MAN di Kabupaten Pati sudah baik. (2) Usaha-usaha guru geografi dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar geografi yaitu dengan cara memprogramkan atau merencanakan pembelajaran diluar ruang kelas dalam satu semester dan penyediaan fasilitas yang menunjang pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. (3) Pemanfaatan lingkungan fisis dan lingkungan sosial sebagai sumber belajar geografi di MAN Kabupaten Pati termasuk baik, sedangkan pemanfaatan lingkungan budaya atau buatan sebagai sumber belajar geografi termasuk kriteria tidak baik Saran yang dapat diberikan peneliti adalah (1) Mengingat materi geografi sangat erat kaitannya dengan lingkungan sekitar maka guru geografi hendaknya lebih memprogramkan pembelajaran luar kelas dan mengoptimalkan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar baik lingkungan fisis, lingkungan sosial dan lingkungan budaya atau buatan yang ada dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah dengan berbagai cara, misalnya bekerjasama dengan guru mata pelajaran lain misalnya guru biologi untuk mengajak siswa memanfaatkan pekarangan sekolah yang masih kosong dengan menanami pohon, bunga dan sebagainya dengan begitu siswa dapat belajar tentang pelestarian lingkungan atau dengan praktek lapangan yang tidak memerlukan waktu dan biaya yang besar (2) Pihak sekolah hendaknya menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung seperti alat-alat yang menunjang pelajaran geografi di lapangan sebagai sumber belajar baik itu di lingkungan fisis, lingkungan sosial maupun lingkungan budaya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lingkungan, Sumber Belajar Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2011 03:52
Last Modified: 25 Apr 2015 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item