PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 02 SEMARANG


LUTFI MAULINA , 1401409089 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN WONOSARI 02 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca aksara Jawa dalam pembelajaran bahasa Jawa merupakan salah satu bentuk upaya dalam melestarikan salah satu budaya Jawa. Hasil observasi dikelas IVB SDN Wonosari 02 Semarang menunjukkan bahwa keterampilan membaca aksara Jawa siswa rendah karena siswa kesulitan dalam menghafal bentuk-bentuk aksara Jawa, siswa juga kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran sehingga tidak ada interaksi antara guru dengan siswa dan siswa tidak fokus dalam memperhatikan materi. Selain itu guru kurang tepat dalam memilih metode yang menarik minat siswa mengikuti pembelajaran serta belum memanfaatkan media yang mendukung pembelajaran, sehingga hasil belajar ada 25 siswa belum mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 61. Penerapan model Direct Instruction dengan media audiovisual sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa. Rumusan masalah dari penelitian adalah apakah melalui model Direct Instruction dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa, aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Jawa? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Jawa melalui model Direct Instruction dengan media audiovisual. Rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tiap siklus terdiri atas 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IVB SDN Wonosari 02 Semarang. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) persentase ketuntasan hasil keterampilan membaca aksara Jawa siswa pada siklus I sebesar 71,1% kategori baik meningkat menjadi 86,8% kategori sangat baik pada siklus II, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 19,7 dengan kategori baik, dan pada siklus II memperoleh rata-rata skor 25,3 dengan kategori baik, (3) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22 dengan kategori baik, dan pada siklus II memperoleh skor 27,5 dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Direct Instruction dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa siswa, aktivitas siswa dan keterampilan mengajar guru. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam proses pembelajaran guru harus memilih model dan media yang sesuai dengan materi dan kebutuhan siswa, siswa hendaknya lebih sering melakukan latihan dalam pembelajaran keterampilan membaca agar lebih terampil dalam membaca dan sekolah dapat mengembangkan lebih lanjut dengan harapan penerapan model Direct Instruction dengan media audiovisual dalam pembelajaran lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca aksara Jawa, Direct Instruction, Media Audiovisual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:56
Last Modified: 22 May 2014 17:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17399

Actions (login required)

View Item View Item