PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS II SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG


Umi Nofia Fitriana, 1401409078 (2013) PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS II SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS II SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS II SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat komponen keterampilan berbahasa yang memiliki peranan penting dalam kehidupan. Materi pelajaran bahasa Indonesia kelas II semester II pada aspek menulis yaitu mendeskripsikan makhluk hidup di sekitar menggunakan kalimat sederhana, membutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa mudah memahami dan media yang mampu menumbuhkan imajinasi dan gambaran nyata sehingga mampu meningkatkan aktivitas dan keterampilan menulis deskripsi siswa. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa siswa kurang termotivasi selama pembelajaran sehingga berdampak pada perolehan hasil belajar. Terdapat 15 siswa (60%) dari 26 siswa kelas II SDN Pakintelan 03 belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan (≥70). Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diterapkanlah model consept sentence berbantuan flash card pada pembelajaran menulis deskripsi bahasa Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis deskripsi melalui penerapan model concept sentence berbantuan flash card. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus pertama terdiri atas dua pertemuan, sedangkan siklus kedua satu pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Pakintelan 03 dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan menulis, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan keterampilan menulis deskripsi meningkat dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat persentase sebesar 74,8% dengan kriteria baik, dan meningkat pada siklus II sebanyak 10,2% dengan persentase 85% kriteria sangat baik. Sedangkan hasil keterampilan menulis klasikal meningkat dari tes awal yaitu 40% ke siklus I dengan persentase 71%, kemudian meningkat ke siklus II dengan persentase 85%. Saran untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi yaitu sebaiknya siswa diajak secara seksama untuk mengamati objek yang akan dideskripsikan sehingga menghasilkan karangan deskripsi yang bagus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, deskripsi, concept sentence, flash card, SD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:59
Last Modified: 22 May 2014 17:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17397

Actions (login required)

View Item View Item