PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH KELAS VB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG


ANITA YUNIARTI NURJANNAH , 1401409077 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH KELAS VB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH KELAS VB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH KELAS VB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa, Sastra dan Budaya Jawa, menjelaskan bahwa standar kompetensi mata pelajaran bahasa, sastra dan budaya Jawa terdiri atas kompetensi berbahasa dan bersastra dalam kerangka budaya Jawa. Kompetensi berbahasa dan bersastra diarahkan agar siswa terampil berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis. Hasil observasi awal di SDN Tambakaji 01 Semarang ditemukan permasalahan pembelajaran bahasa Jawa kelas VB, siswa mengalami kesulitan dalam menulis aksara Jawa sehingga keterampilan menulis aksara Jawa siswa kurang. Permasalahan lainnya guru belum memaksimalkan pembelajaran seperti penerapan model pembelajaran yang tepat. Peneliti berupaya meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dengan media Macromedia Flash. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dengan media Macromedia Flash dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Jawa pada kelas VB SDN Tambakaji 01 Semarang? Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Jawa melalui model pembelajaran Think Pair Share dengan media Macromedia Flash kelas VB SDN Tambakaji 01 Semarang. Penelitian terdiri dari 3 siklus, 1 siklus 1 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Tambakaji 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pada setiap siklus. Peningkatan tersebut yaitu: (1) ketuntasan hasil keterampilan menulis aksara Jawa siswa siklus 1 69,4%, siklus 2 menjadi 75%, dan siklus 3 menjadi 81%, (2) aktivitas siswa pada siklus 1 memperoleh skor rata-rata 20,5 kategori cukup, siklus 2 menjadi 22,63 kategori baik, dan siklus 3 menjadi 26,97 kategori baik, (3) keterampilan guru pada siklus 1 memperoleh skor 25 kategori cukup, siklus 2 menjadi 31 kategori baik, siklus 3 menjadi 36 kategori sangat baik. Simpulan penelitian melalui model pembelajaran Think Pair Share dengan media Macromedia Flash dapat meningkatkan keterampilan menulis, aktivitas siswa dan keterampilan guru. Saran dalam penelitian yaitu: 1) bagi siswa pemberian latihan menulis indah aksara Jawa dapat membuat siswa lebih terampil menulis aksara Jawa, 2) guru dapat menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dengan media Macromedia Flash pada mata pelajaran lainnya, 3) sekolah dapat mengembangkan pembelajaran menjadi lebih baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, aksara Jawa, Think Pair Share, media Macromedia Flash
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:59
Last Modified: 22 May 2014 17:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17395

Actions (login required)

View Item View Item