PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG
HANIFAH YUNIARTI , 1401409075 (2013) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG)
Download (18MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia harus menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa dan sastra Indonesia. Terdapat empat keterampilan berbahasa yang dipelajari dalam pembelajaran bahasa Indonesia, salah satunya adalah keterampilan berbicara. Tujuan keterampilan berbicara adalah untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Berdasarkan data awal yang didapatkan melalui observasi di kelas III SDN Karanganyar 02 Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran. Guru belum menggunakan model yang inovatif, sehingga siswa kurang temotivasi, berdampak pada rendahnya keterampilan guru dan aktivitas siswa. Hal ini mengakibatkan keterampilan berbicara siswa sangat rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1)apakah dengan menggunakan model Think Pair Share dengan video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Karanganyar 02 Semarang? (2)apakah dengan menggunakan model Think Pair Share dengan video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Karanganyar 02 Semarang? (3)apakah dengan menggunakan model Think Pair Share dengan video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Karanganyar 02 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa dan meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran melalui model Think Pair Share dengan video pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 3 siklus. Pada tiap siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas III SDN Karanganyar 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi,wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus 1 mendapatkan skor 28 dengan kriteria cukup, siklus 2 mendapatkan skor 32 dengan kriteria baik, dan siklus 3 mendapatkan skor 34 dengan kriteria baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 mendapatkan skor 15,9 dengan kriteria cukup, siklus 2 mendapatkan skor 19,6 dengan kriteria baik, dan siklus 3 mendapatkan skor 20,5 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata 57,5 dengan ketuntasan klasikal 60 %, siklus 2 sebesar 65 dengan kriteria ketuntasan klasikal 70 %, dan siklus 3 mendapatkan rata-rata sebesar 70 dengan kriteria ketuntasan 80 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share dengan video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Karanganyar 02 Semarang. Saran dari penelitian ini adalah guru dapat menerapkan model Think Pair Share dengan video pembelajaran sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan keterampilan guru agar lebih inovatif, aktivitas siswa agar dapat aktif berpartisipasi dan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berbicara, Think Pair Share, video pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22833 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 17:56 |
Last Modified: | 22 May 2014 17:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17394 |
Actions (login required)
View Item |