PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02
NURUL WALIDAINI 1401409063, NURUL WALIDAINI 1401409063 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang produktif, karena merupakan salah satu cara berkomunikasi menggunakan tulisan. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan menuliskan ide yang mereka miliki, siswa mengalami permasalahan dalam menulis karangan sederhana. Per-olehan hasil menulis karangan sederhana semester 1 tahun pelajaran 2012/2013, hanya 44% (11 dari 25 siswa) yang mencapai KKM (65). Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan keterampilan menulis karangan sederhana melalui model concept sentence dengan media kartu kata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana cara meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran menulis karangan sederhana di kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang? (2) bagai-mana cara meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan sederhana di kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang? (3) bagaimana cara meningkat-kan keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan sederhana siswa melalui model concept sentence dengan media kartu kata. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan penelitian, yaitu pe-rencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan 25 siswa kelas IV SDN Sekaran 02. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan guru meningkat, pada siklus I memperoleh skor 25 dengan kategori baik, pada siklus II menjadi 32 dengan kategori sangat baik, pada siklus III menjadi 34 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa juga meningkat, pada siklus I memperoleh rata-rata klasikal 20,2 dengan kategori baik, pada siklus II menjadi 24,04 dengan kategori baik, pada siklus III menjadi 28,68 dengan kategori sangat baik. Selain itu keterampilan me-nulis karangan sederhana siswa juga meningkat, pada siklus I persentase ketuntas-an sebesar 80%, pada siklus II 92%, pada siklus III menjadi 100%. Simpulan dari penelitian ini adalah model concept sentence dengan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampil-an menulis karangan sederhana siswa. Peneliti menyarankan agar guru menerap-kan model pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan kualitas pem-belajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karangan sederhana, concept sentence, kartu kata. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22833 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 17:56 |
Last Modified: | 22 May 2014 17:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17390 |
Actions (login required)
View Item |