PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IVA SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG


FEBRIANA LUSI HAPSARI , 1401409061 (2013) PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IVA SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IVA SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IVA SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG)
Download (11MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah ilmu yang mengkaji manusia dan interaksinya dengan lingkungan serta integrasi atau perpaduan dari ilmu-ilmu sosial. Mata pelajaran IPS wajib diajarkan di SD. Masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya pembelajaran IPS yang belum optimal di kelas IVA SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang dikarenakan guru kurang bervariasi menggunakan model pembelajaran dan kurang optimal memanfaatkan media pembeljaran sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil studi dokumentasi arsip nilai semester satu (2012-2013), hanya 45,45 % (20 dari 44 siswa) yang dapat mencapai KKM 70. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran IPS yaitu melalui penerapan model siklus belajar berbantuan media audiovisual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui model siklus belajar berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS di kelas IVA SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar kelas IVA SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang dalam pembelajaran IPS melalui model siklus belajar berbantuan media audiovisual. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 44 siswa kelas IVA SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes berupa observasi, dokumentasi, catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus 1 memperoleh nilai 33 (baik), siklus 2 nilai 37 (sangat baik) dan siklus 3 nilai 44 (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus 1 memperoleh nilai 21,7 (baik), siklus 2 nilai 26,6 (baik) dan pada siklus 3 nilai 28,1 (sangat baik). Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus 1 memperoleh persentase 68,19%, siklus 2 memperoleh persentase 77,27% dan siklus 3 memperoleh persentase 88,63%. Simpulan dari penelitian ini adalah model siklus belajar berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Sebaiknya, guru harus lebih inovatif dan kreatif untuk menerapkan multimetode dan multimedia dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model siklus belajar, media audiovisual, kualitas pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 18:03
Last Modified: 22 May 2014 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17389

Actions (login required)

View Item View Item