MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG


MADE PUTRA SETIAWAN , 1401409060 (2013) MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG]
Preview
PDF (MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi yang diperoleh kondisi siswa kelas IVB saat pembelajaran IPS belum optimal, penggunaan model pembelajaran belum sesuai dengan kondisi siswa, kurang partisipasi siswa dan belum maksimal penggunaan media menyebabkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi IPS rendah. Dari data awal yang diperoleh, nilai terendah yang didapat siswa adalah 40 dan nilai tertinggi 75, dengan rata-rata kelas 55,8. Siswa yang tuntas KKM sebanyak 22,3% dan siswa tidak tuntas sebanyak 77,7%. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IVB tersebut dengan menerapkan model Number Head Togetherberbantuan media CD pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Number Head Togetherberbantuan media CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas IVB SDN Purwoyoso 03 Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas IVB SDN Purwoyoso 03 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas IVB SDN Purwoyoso 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 28 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 35 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 19,14 kategori Baik, pada siklus II memperoleh skor 25,22 kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 29,18 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 67%, meningkat pada siklus II menjadi 75%, dan meningkat pada siklus III menjadi 86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Number Head Togetherberbantuan media CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi dan sesuai materi antara lain dengan menerapkan model Number Head Togetherberbantuan media CD pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, IPS, Number Head Together, CD Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:59
Last Modified: 22 May 2014 17:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17388

Actions (login required)

View Item View Item