PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI)DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


GALIH SUCI PRATAMA , 1401409049 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI)DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI)DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI)DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal pada kegiatan pembelajaran di kelas IV SDN 01 Gunungpati Kota Semarang terdapat permasalahan guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, siswa kesulitan dalam memahami penjelasan dari guru yang kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran dan penggunaan media kurang optimal. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah:(1)Apakah melalui pendekatan pembelajaran SAVI dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola proses pembelajaran IPS kelas IV SD N 01 Gunungpati?(2)Apakah melalui pendekatan pembelajaran SAVIdapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SD N 01 Gunungpati? (3)Apakah dengan pendekatan pembelajaran SAVIdapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri01 Gunungpati?. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui penerapan pendekatan Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dengan media video pembelajaran dan metode ceramah bervariasi, diskusi, dan pengamatan menggunakan III siklus. Langkah-langkah dalam rancangan ini adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi,dan revisi. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan dengan waktu 3 x 35 menit. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Gunungpati semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, catatan lapangan, tes,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I aktivitas guru meningkat mendapat skor 15 dengan kualifikasi kurang, pada siklus II aktivitas guru meningkat dengan skor 23 dengan kualifikasi baik dan pada siklus III meningkat dengan skor 29 dengan kualifikasi baik. (2) Aktivitas siswa pada pembelajaran IPS melalui penerapan Snowball Throwing pada siklus I memperoleh skor 15 dengan kualifikasi kurang, pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 23 dengan kualifikasi baik dan pada siklus III meningkat dengan memperoleh skor 28 dengan kualifikasi baik. (3) Ketuntasan hasil belajar siswa pada kondisi awal yang mencapai KKM (65) hanya 10 dari 26 siswa, dan setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas menunjukan 21 dari 26 siswa yang mencapai KKM (65). Pada siklus I hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 51 dengan persentase 38% siswa tuntas belajar, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 71 dengan persentase 50% siswa tuntas belajar dan pada siklus III hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 76 dengan persentase 81 % siswa tuntas belajar. Ini menunjukan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus III >80% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Somatic Auditory Visualization Intellectually(SAVI) dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas IV SDN 01 Gunungpati Kota Semarang. Saran dari penelitian ini adalah: Penerapanpendekatan Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dengan media video pembelajaran tentang kegiatan-kegiatan ekonomi yang disesuaikan dengan materi dan kondisi siswa agardapatditerapkanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Disarankan bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI, kualitas pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:59
Last Modified: 22 May 2014 17:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17387

Actions (login required)

View Item View Item