PENERAPAN STRATEGI CONCEPT MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 06 KOTA SEMARANG


WAHYU AMBARWATI , 1401409044 (2013) PENERAPAN STRATEGI CONCEPT MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 06 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN STRATEGI CONCEPT MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 06 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN STRATEGI CONCEPT MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 06 KOTA SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti selama 3 bulan di SDN Purwoyoso 06 ditemukan masalah dalam pembelajaran PKn di kelas IV. Kualitas pembelajaran masih rendah. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dalam pembelajaran yang kurang optimal dimana siswa belum diarahkan belajar mandiri Siswa juga terlihat kurang antusias dalam pembelajaran karena media yang digunakan guru masih terbatas pada media pandang menyebabkan kegiatan pembelajaran belum efektif sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan strategi concept mapping dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 dengan menerapkan strategi concept mapping berbasis multimedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi concept mapping berbasis multimedia yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes, teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitianketerampilan guru siklus 1 pertemuan I mendapat skor 19, siklus 1 pertemuan II 24,siklus 2 pertemuan I 29, siklus 2 pertemuan II 37, aktivitas siswa siklus 1 pertemuan I mendapat skor 18,12,siklus 1 pertemuan II 20, siklus 2 pertemuan I menjadi 24,8, dan siklus 2 pertemuan II 28,9. Hasil belajar klasikal siswa siklus 1 pertemuan I 61,% siklus 1 pertemuan II 68%, meningkat pada siklus 2 pertemuan I menjadi 73% dan pada silus 2 pertemuan II 85% dan sudah melebihi batas minimal ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 75%. Peningkatan ini menunjukan bahwa penelitian ini telah berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui strategi concept mapping berbasis multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IV Saran bagi guru adalah strategi concept mapping berbasis multimedia diharapkan dapat menjadi solusi dalam melaksanakan pembelajaran PKn di kelas IV.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran PKn, concept mapping, multimedia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 18:03
Last Modified: 22 May 2014 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17386

Actions (login required)

View Item View Item