PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SLINGA KABUPATEN PURBALINGGA


Siti Jumariyah, 1401409102 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SLINGA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SLINGA KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SLINGA KABUPATEN PURBALINGGA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik di kelas IV SD Negeri 1 Slinga masih didominasi dengan pemberian ceramah yang tidak mengaktifkan siswa. Guru menjelaskan dan siswa mencatat. Guru juga hanya memberikan contoh-contoh yang ada pada buku teks, belum menggunakan media pembelajaran. Siswa merasa bosan dan tidak memperhatikan pelajaran. Baik guru maupun siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, hasil belajar yang diperoleh pun rendah. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil belajar siswa kelas IV tahun pelajaran 2011/2012 pada materi perubahan lingkungan fisik masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah melalui penerapan model pembelajaran STAD dengan media audio visual pada materi perubahan lingkungan fisik di kelas IV SD Negeri 1 Slinga Kabupaten Purbalingga. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan fisik. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Slinga Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik non-tes dan tes dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan meliputi nilai akhir performansi guru minimal mendapat kriteria baik dengan nilai huruf B (71- 80), persentase keaktifan siswa minimal 75% dan nilai rata-rata kelas minimal mencapai 60 (KKM IPA) dengan persentase ketuntasan belajar siswa sekurangkurangnya 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai akhir performansi guru pada siklus I adalah sebesar 87,63 (A) dengan kriteria baik sekali. Kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90,99 (A) dengan kriteria baik sekali. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 71,60% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,58%. Meningkatnya performansi guru dan aktivitas belajar siswa turut meningkatkan perolehan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I adalah 75 dengan persentase tuntas belajar adalah 75%. Selanjutnya terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II dengan rata-rata mencapai 82,81 dan persentase tuntas belajar adalah 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dengan media audio visual pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik di kelas IV SD Negeri 1 Slinga Kabupaten Purbalingga dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, model pembelajaran STAD, media audio visual, performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 23 May 2014 10:13
Last Modified: 23 May 2014 10:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17380

Actions (login required)

View Item View Item