EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SEMARANG

EVI MASLUHATUN NI’MAH , 3101403515 (2007) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hasil belajar siswa untuk mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Semarang tergolong masih rendah. Hal tersebut dikarenakan mata pelajaran sejarah yang bersifat abstrak dan penerapan model pembelajaran konvensional yang kurang mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu. Pembelajaran konvensional cenderung meminimalkan keterlibatan siswa sehingga guru nampak lebih aktif. Kebiasaan bersikap pasif dalam proses pembelajaran dapat mengakibatkan sebagian besar siswa takut dan malu bertanya pada guru mengenai materi yang kurang dipahami. Suasana belajar di kelas menjadi sangat monoton dan kurang menarik. Salah satu model pembelajaran yang dicobakan melalui penelitian ini adalah model pembelajaran Think-Pair-Share. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah hasil belajar pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share? (2) bagaimanakah hasil belajar pembelajaran sejarah dengan menggunakan pembelajaran konvensional? dan (3) apakah pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada materi pokok kehidupan awal masyarakat kepulauan Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 3 Semarang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share lebih efektif dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada materi pokok kehidupan awal masyarakat kepulauan Indonesia. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Semarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan pola M-G yaitu menggunakan teknik penyeimbang rata-rata nilai pre tes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Ada 2 (dua) variabel dalam penelitian ini, yaitu: (1) Model pembelajaran Think-Pair-Share dengan model pembelajaran konvensional, dan (2) Hasil belajar sejarah siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dokumentasi dan tes. Hasil uji instrumen (uji validitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda) yang terdiri dari 40 butir soal dan yang dipakai untuk pre tes dan post tes adalah 30 butir soal. Berdasarkan hasil uji reliabilitas instrumen didapatkan r11 = 0,917 dan r tabel = 0,444 diketahui 0,917 > 0,444 dengan demikian instrumen tersebut reliabel dan dapat digunakan untuk pengumpulan data. Hasil uji perbedaan dua rata-rata pre tes (t berada pada daerah penerimaan Ho) disimpulkan tidak ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji perbedaan rata-rata post tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh bahwa kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Estimasi rata-rata pada kelompok kontrol yaitu 61,62 – 66,71 dengan rata-rata hasil belajar siswa 64,17 sedangkan estimasi rata-rata kelompok eksperimen 68,68 – 73,03 dengan rata-rata hasil belajar 70,85, berarti kelompok kontrol hasil belajarnya lebih rendah dibandingkan dengan kelompok eksperimen, maka ada pengaruh antara efektivitas model pembelajaran Think-Pair-Share dalam mata pelajaran sejarah pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Think-Pair-Share pada materi pokok kehidupan awal masyarakat kepulauan Indonesia lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional, untuk itu disarankan agar penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Selain itu agar diadakan penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Think-Pair-Share , Pembelajaran, Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 21 Apr 2011 23:25
Last Modified: 25 Apr 2015 00:32

Actions (login required)

View Item