PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KAMUS KOMPUTER TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 KELAS VII SMP NEGERI 1 WELAHAN

Aditya Wahyu Kristianto, 1102408020 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KAMUS KOMPUTER TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 KELAS VII SMP NEGERI 1 WELAHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KAMUS KOMPUTER TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 KELAS VII SMP NEGERI 1 WELAHAN)
Download (2504Kb)

    Abstract

    Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian siswa sehingga proses interaksi komunikasi edukasi antara guru (atau pembuat media) dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdayaguna. Salah satu media yang dapat merangsang siswa agar terjadi proses belajar adalah dengan Media Pembelajaran berbasis e-kamus komputer TIK pada mata pelajaran TIK. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis e-kamus komputer TIK pada mata pelajaran TIK agar penyampaian materi lebih menarik, 2) Mengimplementasikan media pembelajaran e-kamus komputer TIK pada mata pelajaran TIK. 3) Mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran bebasis e-kamus komputer TIK pada Mata Pelajaran TIK. Metode Penelitian yang digunakan adalah R & D (Research and Development). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan memberikan angket kepada siswa, ahli media dan ahli materi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 1 Welahan yang pernah mempelajari materi tentang Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Komputer dengan jumlah 31 orang. Hasil uji coba yang dilakukan didapatkan data-data hasil penelitian dengan menggunakan angket penilaian, tanggapan siswa, Ahli media dan Ahli Materi. Dari data tersebut didapatkan hasil : 1) Sebagian besar siswa menyukai media pembelajaran e-kamus komputer dan tertarik jika media tersebut juga diterapkan pada mata pelajaran lain, 2) sebagian besar pengguna memberikan tanggapan sangat baik dengan persentase 81,29%. 3) Hasil validasi media dan ahli materi menyatakan media pembelajaran berbasis e-kamus komputer ini layak digunakan dengan persentase penilaian menurut ahli materi 83,75% dan menurut ahli media 72,22%. Dengan ini dapat disimpulkan sesuai dengan hasil angket yang diberikan ke pengguna, ahli media dan ahli materi dan hasil keseluruhan menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis e-kamus komputer TIK pada mata pelajaran TIK sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: faraz suparto perpus
    Date Deposited: 07 Oct 2013 07:45
    Last Modified: 07 Oct 2013 07:45

    Actions (login required)

    View Item