PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS III SDN BRINGIN 02

AFRINA AKBARLENI , 1401409027 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS III SDN BRINGIN 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS III SDN BRINGIN 02)
Download (3535Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal di SDN Bringin 02 ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas III. Proses pembelajaran berpusat pada guru, model pembelajaran yang digunakan guru belum variatif dan cenderung monoton, guru belum mengajar siswa secara berkelompok, siswa tidak melakukan aktivitas kelompok dan cenderung gaduh pada saat pembelajaran berlangsung. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah dengan ketuntasan klasikal 49% di bawah KKM. Berdasarkan permasalah tersebut solusi yang di pilih adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media powerpoint, karena model pembelajaran ini adalah model pembelajaran kelompok dengan nomor kepala yang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Adapun rumusan masalah umum penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Bringin 02?. Sedangkan secara khusus adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media powerpoint dapat meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas SDN Bringin 02? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Bringin 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Bringin 02. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 18 pada pertemuan 1 dan skor 22 pada pertemuan 2 dengan kriteria baik. Pada siklus II memperoleh skor 26 pada pertemuan 1 dan skor 29 pada pertemuan 2 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 13,6 pada pertemuan 1 dengan kriteria cukup dan skor 19,4 pada pertemuan 2 dengan kriteria baik. Siklus II meningkat dengan skor 24 pada pertemuan 1 dan skor 26 pada pertemuan 2 dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan belajar klasikal siklus I adalah 67%, siklus II meningkat menjadi 87%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model kooperatif tipe NHT dengan media powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa Kelas III SDN Bringin 02 pada mata pelajaran IPA. Saran yang diberikan yaitu guru hendaknya menggunakan model inovatif dan media yang bervariasi dalam pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Model Kooperatif tipe NHT , powerpoint
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwisetyo perpus unnes
    Date Deposited: 07 Oct 2013 08:20
    Last Modified: 07 Oct 2013 08:20

    Actions (login required)

    View Item