PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINKPAIRSHAREBERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V A SDN BOJONG SALAMAN02 KOTA SEMARANG

ANISA KUSUMASTUTI , 1401409024 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINKPAIRSHAREBERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V A SDN BOJONG SALAMAN02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINKPAIRSHAREBERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V A SDN BOJONG SALAMAN02 KOTA SEMARANG)
Download (4Mb)

    Abstract

    IPS adalah ilmu yang mempelajari gejala dan masalah sosial di masyarakat dan lingkunagan dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan. Pembelajaran IPS pada siswa kelas V A SDN Bojong Salaman Kota Semarang guru kurang kreatif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga siswa jenuh. Guru dalam menyajikan pembelajaran belum menggunakan metode yang bervariasi, proses pembelajaran didominasi oleh guru, kurang memanfaatkan atau menggunakan media pembelajaran, dan pada akhirnya pembelajaran kurang menarik, dan siswa menjadi pasif. Siswa lebih suka belajar kelompok dengan teman sebangkunya dari pada kelompok besar. Pembelajaran dengan menerapkan model Think PairShare (TPS) dengan video pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada kelas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V A SD N Bojong Salaman 02 Semarang. Rumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan menggunakan model Think-Pair-Share dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V A SDN Bojong Salaman Kota Semarang? Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas yang akan dilaksanakan dengan tiga siklus meliputi: perencaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V A SDN Bojong Salaman KotaSemarang, siswa berjumlah 30, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Variabel pada penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatis dan deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Hasil penelitian pada pembelajaram IPS melalui model Think Pair Sharedengan media video pembelajaran mengalami peningkatan. Keterampilan guru, pada siklus I mencapai skor 31, pada siklus II meningkat menjadi 33 dan pada siklus III meningkat menjadi 36. Aktivitas siswa, pada siklus I menperoleh skor 18,2, pada siklus II meningkat menjadi 18,73, dan pada siklus III meningkat menjadi 21,3. Hasil belajar, pada siklus I yaitu 63%, pada siklus II menjadi 76%, dan pada siklus III menjadi 88%. Dari data di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa melaui model TPS (ThinkPairShare) berbantuan video pembelajaran mampu meningkatkan kulitas keterampilan guru, aktifitas siswa, dan hasil belajar siswa pada siswa kelas V A SDN Bojong Salaman. Berdasarkan hasil penelitian, disaran pada proses pembelajaran guru hendaknya menggunakan model Think Pair Share sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model ThinkPairShare, Kualitas Pembelajaran IPS, Video Pembelajaran
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwisetyo perpus unnes
    Date Deposited: 07 Oct 2013 08:20
    Last Modified: 07 Oct 2013 08:20

    Actions (login required)

    View Item