PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI STRATEGI KWL PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02 SEMARANG

APRILIA WULANDARI RUSTYANINGSIH , 1401409018 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI STRATEGI KWL PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI STRATEGI KWL PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02 SEMARANG)
Download (3493Kb)

    Abstract

    Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan pada peningkatan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia secara cerdas dan santun. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah harus dapat mengembangkan keterampilan berbahasa siswa yang meliputi keterampilan mendengarkan/ menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Membaca merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mendapatkan berbagai informasi, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02 Semarang, diketahui permasalahan rendahnya keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca intensif. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan strategi KWL dalam pembelajaran membaca intensif. Strategi KWL dapat mengaktifkan siswa pada saat kegiatan prabaca, saat baca, dan pascabaca. Rumusan masalah umum dalam penelitian ini adalah apakah strategi KWL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran membaca intensif siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02 Semarang? Rumusan umum tersebut kemudian dirinci menjadi rumusan khusus sebagai berikut: apakah strategi KWL dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02 dalam pembelajaran membaca intensif? Tujuan umum penelitian yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran membaca intensif melalui strategi KWL, tujuan umum tersebut kemudian dirinci menjadi tujuan khusus sebagai berikut: meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar membaca intensif siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02 Semarang. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus dan setiap siklus terdiri atas satu pertemuan. Subjek penelitian terdiri atas peneliti sebagai guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 37 orang, dengan rincian 19 siswa putra dan 18 siswa putri. Variabel dalam penelitian ini meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan dari rata-rata skor 2,2 (baik) pada siklus satu, kemudian meningkat menjadi 3,1 (baik) pada siklus dua, dan 3,8 (sangat baik) pada siklus tiga. Perolehan skor aktivitas siswa pada siklus satu yaitu 20,94 (cukup), kemudian meningkat menjadi 28,19 (baik) pada siklus dua, dan meningkat lagi menjadi 34,02 (sangat baik) pada siklus tiga. Persentase ketuntasan klasikal pembelajaran membaca intensif mengalami peningkatan dari 64,86% pada siklus satu menjadi 81,08% pada siklus dua, dan 97,30% pada siklus tiga. Simpulan penelitian ini adalah strategi KWL dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Sebaiknya guru menerapkan strategi KWL dalam pembelajaran membaca intensif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: membaca intensif, strategi Know, Want to Know, Learned.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwisetyo perpus unnes
    Date Deposited: 07 Oct 2013 08:21
    Last Modified: 07 Oct 2013 08:21

    Actions (login required)

    View Item