PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS VIII MTS AL ASROR SEMARANG


Yunita Indah Wulandari, 1102406016 (2013) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS VIII MTS AL ASROR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS VIII MTS AL ASROR SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS VIII MTS AL ASROR SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan survei awal di kelas VIII A MTs Al Asror Semarang, diketahui motivasi rendah. Hal ini ditunjukan oleh sikap siswa yang cenderung negatif. Selain itu, kemampuan siswa pada pokok bahasan perangkat lunak pengolah kata belum optimal. Nilai rata-rata 60,6 dengan nilai tertinggi 84 dan nilai terendah 40 dan nilai KKM ≥ 65. Nilai rata-rata kelas belum tuntas dan ada beberapa siswa yang belum tuntas, ada 17 siswa dari 40 siswa yang belum tuntas. Untuk menyikapi kondisi tersebut, penulis tertarik menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan harapan siswa dapat menguasai materi perangkat lunak pengolah kata. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada peningkatan motivasi belajar pada materi perangkat lunak pengolah kata dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas VIII Mts Al Asror Semarang?, dan (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar TIK pada materi perangkat lunak pengolah kata dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas VIII Mts Al Asror Semarang? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus dengan materi yang berbeda, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIIIA MTs Al Asror Semarang pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 40 siswa. Data nontes diperoleh dari angket dan lembar observasi selama proses pembelajaran berlangsung, dan data tes diperoleh dari tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga siklus yang ditempuh diperoleh data bahwa berdasarkan angket yakni pengukuran motivasi secara klasikal berturut-turut sebesar 67%, 71% dan 76%. Ketuntasan klasikal hasil belajar 64,55%, 70,535 dan 75,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan guru mata pelajaran TIK hendaknya menggunakan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together (NHT). Saran yang ditujukan pada para peneliti di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda, sehingga didapatkan berbagai alternatif model pembelajaran alternatif model pembelajaran Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 12:20
Last Modified: 07 Oct 2013 12:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17365

Actions (login required)

View Item View Item