PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEGENCY (SAVI) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV A SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG

AGUS BUDIYANTO, 1401409153 (2013) PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEGENCY (SAVI) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV A SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEGENCY (SAVI) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV A SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG)
Download (6Mb)

    Abstract

    Kebijakan Pemerintah menerapkan PKn sebagai salah satu mata pelajarn pokok pada kajian kurikulum 2013 merupakan langkah dari pemeritah dalam rangka menanamkan karakter luhur bangsa. Lemahnya kualitas pembelajaran PKn diakibatkan karena kurangnya sarana penunjang, seperti buku-buku, media, dan sarana penunjang lainnya. Permasalahan sama dijumpai pada pembelajaran PKn di kelas IV A SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Metode, model dan pendekatan yang digunakan guru dalam mengajar kurang inovatif dan bersifat verbalisme, akibatnya ketuntasan klasikal hanya mencapai 60%. Guna meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas tersebut peneliti menerapkan pendekatan Somatic, Auditory, Visual, dan Intelektual (SAVI) dengan media audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan pendekatan SAVI dengan media audio visual pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa kelas IV A SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa kelas IV SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang melalui pendekatan SAVI dengan media audio visual. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang, dengan subjek guru dan siswa kelas IV A sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, tes lisan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif baik deskriptif kuantitatif maupun deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 28, kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 32, kategori sangat baik dan pada siklus III meningkat menjadi skor 34, kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 22,075, kategori cukup, pada siklus II memperoleh skor 26,8, kategori baik dan pada siklus III meningkat menjadi skor 30,2, kategori sangat baik. (3) Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 70.3 dengan persentase ketuntasan 42,7%, siklus II nilai 81,8 dengan persentase ketuntasan 75% dan meningkat pada siklus III dengan nilai 88,35 dengan persentase ketuntasan 85%. Ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus III > 80% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui Pendekatan Pembelajaran SAVI dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Saran bagi guru adalah Pendekatan Pembelajaran SAVI dapat dengan media audio visual dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pembelajaran PKn, Pendekatan SAVI , Media Audio Visual
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    J Political Science > JF Political institutions (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 07 Oct 2013 08:14
    Last Modified: 07 Oct 2013 08:14

    Actions (login required)

    View Item