PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG


NUR KHOMARIAH , 1401409013 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan identitas bangsa Indonesia yang memiliki posisi strategis dalam kurikulum sekolah sebagai suatu mata pelajaran. Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen keterampilan berbahasa. Salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting untuk memperoleh berbagai informasi adalah keterampilan membaca. Namun, hasil observasi di kelas V SDN Karanganyar 01 Kota Semarang menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa masih rendah. Rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa disebabkan karena rendahnya aktivitas dan kemampuan membuat kesimpulan. Hal tersebut, juga disebabkan oleh kurangnya variasi strategi dan media yang digunakan guru. Upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam pembelajaran membaca. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Kota Semarang saat membaca pemahaman malalui strategi DRTA; (2) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dalam membuat kesimpulan siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Kota Semarang melalui strategi DRTA. Strategi DRTA dapat mengaktifkan siswa karena siswa mampu membangun pengetahuannya melalui kegiatan membuat prediksi isi cerita berdasarkan judul dan gambar, serta menilai ketepatan prediksi isi paragraf sehingga pada akhirnya kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada siklus I meningkatkan aktivitas siswa dengan perolehan skor 15,76 dengan kategori baik dan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan ketuntasan sebesar 63,6% (28 dari 44 siswa) tuntas. Siklus II meningkatkan aktivitas siswa dengan perolehan skor 19,67 dengan kategori baik dan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan ketuntasan sebesar 70,5% (31 dari 44 siswa) tuntas. Sedangkan pada siklus III meningkatkan aktivitas siswa dengan perolehan skor 22,8 dengan kategori sangat baik dan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan ketuntasan sebesar 84,1% (37 dari 44 siswa) tuntas. Dengan demikian dapat diambil simpulan bahwa strategi DRTA dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan simpulan penelitian tersebut, saran yang direkomendasikan yaitu: (1) guru perlu menerapkan strategi DRTA sebagai alternatif strategi pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam keterampilan membaca pemahaman karena strategi DRTA terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman siswa dalam membuat kesimpulan; (2) sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pembelajaran agar guru dan siswa lebih mudah dalam melakukan pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, strategi DRTA, V SD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 12:21
Last Modified: 07 Oct 2013 12:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17362

Actions (login required)

View Item View Item