PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL


Mustika Sari, 1401409107 (2013) PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan realita pembelajaran yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Randugunting 4, pembelajaran IPA cenderung kurang bervariasi sehingga siswa cepat merasa bosan dan hasil belajar siswa pun belum memenuhi KKM. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai siswa pada materi energi panas dan bunyi di atas KKM hanya 8 siswa atau sekitar 21,62%. Selain itu, pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri Randugunting 4 lebih terpusat pada guru, dalam hal ini guru sebagai pemberi informasi. Kegiatan belajarnya hanya memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengadakan inovasi pembelajaran IPA materi Energi Panas dan Bunyi melalui penerapan model pembelajaran quantum. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Randugunting 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah 39 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 24 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini mencakup nilai performansi guru minimal 70 (B), persentase aktivitas belajar siswa ≥ 75%, dan rata-rata nilai kelas ≥ 67 dengan persentase tuntas belajar klasikal ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan performansi guru pada siklus I memperoleh nilai akhir sebesar 81,22 dengan kriteria AB, meningkat menjadi 94,17 dengan kriteria A pada siklus II. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 72,20% meningkat pada siklus II menjadi 82,32%. Selanjutnya, rata-rata nilai tes formatif siklus I sebesar 72,13 meningkat pada siklus II menjadi 77,95. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 78,95% meningkat pada siklus II menjadi 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa materi Energi Panas dan Bunyi pada siswa kelas IV SD Negeri Randugunting 4 Kota Tegal. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan model quantum learning dalam pembelajaran IPA atau pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Energi Bunyi; Energi Panas; dan Quantum Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 09:40
Last Modified: 07 Oct 2013 09:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17351

Actions (login required)

View Item View Item