KEMAMPUAN ANAK DALAM MENARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENIRU, SAS DAN DEMONSTRASI SERTA EKSPERIMEN DI TK ISLAM AL-MADINA SEMARANG


Galih M.S.R , 2501401052 (2007) KEMAMPUAN ANAK DALAM MENARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENIRU, SAS DAN DEMONSTRASI SERTA EKSPERIMEN DI TK ISLAM AL-MADINA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN ANAK DALAM MENARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENIRU, SAS DAN DEMONSTRASI SERTA EKSPERIMEN DI TK ISLAM AL-MADINA SEMARANG] PDF (KEMAMPUAN ANAK DALAM MENARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENIRU, SAS DAN DEMONSTRASI SERTA EKSPERIMEN DI TK ISLAM AL-MADINA SEMARANG) - Published Version
Download (799kB)

Abstract

Pendidikan Taman Kanak-kanak pada hakekatnya adalah tempat anak-anak bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain. Pada kegiatan pembelajaran diTK sebaiknya dalam memberikan materi pelajaran khususnya seni tari harus tepat dalam menggunakan metode dan cara penyampaian materi. Dari hal tersebut permasalahan yang muncul adalah bagaimana upaya meningkatkan kemampuan anak dalam menari dengan menggunakan 3 metode dalam pembelajaran seni tari di TK Islam AL-Madina Semarang dan faktor apa saja yang menghambat dan mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil belajar yang baik dengan memadukan 3 metode dalam pembelajaran seni tari agar efektif dan efisien guna meningkatkan minat dan kemampuan anak dalam belajar menari serta untuk mengetahui faktor apa yang saja yang menghambat dan mendukung. Manfaatnya anak dapat mengikuti dan menerima pelajaran dengan cepat dengan menirukan gerak, menghafal gerak, gerak yang berirama dan merasakan gerak, meningkatkan kemampuan, daya kreatifitas dan kemandirian. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 (Nuh) TK Islam AL-Madina Semarang. Objek penelitian ini adalah perilaku anak, materi, guru dan metode pembelajaran tari yang efektif dan efisien untuk anak TK.Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Action Researh) dengan pendekatan diskriptif prosentase. Pelaksanaan tindakan melalui 3 putaran pelaksanaan tindakan setiap putaran melalui tahap-tahap: (1) Perencanaan, (2) Implementasi tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Alat dan teknik pencatatan data pada penelitian ini adalah (1) Catatan harian, (2) Wawancara, (3) foto, (4) penampilan subjek penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskkiptif prosentase. Hasil penelitian ini adalah (1) Metode pembelajaran seni tari pada TK melalui langkah-langkah pemberian materi, penggunaan 3 metode dapat meningkatkan kemampuan anak terbukti dengan hasil tes praktek akhir menunjukkan nilai rata-rata kelas yang baik yaitu 78,97 dan dapat meningkatkan aspek wiraga, wirama, wirasa dan hafalan, (2) Dengan menggunakan metode Meniru (imam,ngede), SAS dan Demonstrasi Eksperimen secara berurutan dan bergantian sesuai dengan kondisi dan sitiasi anak dapat meningkatkan kemampuan, disiplin, ketermpilan, kesabaran, keberanian dan rasa percaya diri, (3) Faktor keluarga, sekolah dan masyarakat juga bisa mempengaruhi kemampuan dan minat anak dalam belajar menari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran tari
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2011 11:21
Last Modified: 25 Apr 2015 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item