PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 6 KOTA TEGAL


Slamet Sabar Riyadi, 1401409002 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 6 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 6 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 6 KOTA TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di SD Negeri Randugunting 6 Kota Tegal ditemukan masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis puisi. Dalam kegiatan pembelajaran guru belum menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran menulis puisi siswa hanya diberi penjelasan dan contoh tentang puisi kemudian diberi tugas untuk menulis puisi dengan kemampuannya sendiri. Dalam hal ini, guru kurang memberikan peluang kepada siswa untuk menemukan pengetahuannya sendiri melalui kehidupan nyata. Permasalahan tersebut harus segera diselesaikan. Cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Randugunting 6 Kota Tegal dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Randugunting 6 Kota Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Teknik tes yang digunakan peneliti berupa tes uraian. Teknik non tes berupa pengamatan terhadap aktivitas siswa dan performansi guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada tes pratindakan diperoleh nilai rata-rata 59,57 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata mencapai 72,50. Dengan demikian peningkatan nilai rata-rata menulis puisi dari pratindakan ke siklus I sebesar 12,75 poin. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 81, mengalami peningkatan sebesar 8,5 poin dari siklus I dan 21,25 poin dari tes pratindakan. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan untuk menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar menulis puisi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 09:49
Last Modified: 07 Oct 2013 09:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17349

Actions (login required)

View Item View Item