PERANAN RUMAH PINTAR TRESNO ASIH DALAM PENINGKATAN AKSES LAYANAN PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL DI KELURAHAN BOJONG SALAMAN KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG

Tidar Dwi Septian, 1201408031 (2013) PERANAN RUMAH PINTAR TRESNO ASIH DALAM PENINGKATAN AKSES LAYANAN PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL DI KELURAHAN BOJONG SALAMAN KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERANAN RUMAH PINTAR TRESNO ASIH DALAM PENINGKATAN AKSES LAYANAN PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL DI KELURAHAN BOJONG SALAMAN KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG)
Download (835Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peranan Rumah Pintar Tresno Asih dalam peningkatan perluasan akses layanan Pendidikan Nonformal (2) Apa jenis kegiatan yang diselenggarakan di Rumah Pintar Tresno Asih (3) Apa kendala yang dihadapi Rumah Pintar Tresno Asih dalam peningkatan pendidikan nonformal di masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui dan mengkaji tentang peran Rumah Pintar dalam peningkatan pendidikan nonformal di masyarakat (2) Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi program Rumah Pintar dalam peningkatan akses layanan pendidikan nonformal di masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara objektif suatu peranan rumah pintar dalam peningkatan akses layanan program PNF, kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di rumah pintar serta kendala yang dihadapi di rumah pintar. Lokasi penelitian di rumah pintar Tresno Asih Kelurahan Bojong Salaman Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Subjek penelitian meliputi 3 orang informan, yaitu pengelola rumah pintar, tutor rumah pintar, dan masyarakat Kelurahan Bojong Salaman Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah didapatkannya gambaran tentang rumah pintar Tresno Asih. Peranan rumah pintar yang dilihat dari segi fungsi, tujuan, dan manfaat. Jenis kegiatan meliputi Posyandu, Perpustakaan, Paud, pembelajaran bahasa inggris, seni musik dan tari, seni lukis, ketrampilan, pelatihan komputer, pranotocoro, TPQ. Kendala yang ada dari perencanaan program dan pelaksanaan program. Simpulan dari penelitian adalah peranan rumah pintar berpengaruh pada layanan akses program Pnf, sebagaimana fungsi, tujuan, dan manfaat rumah pintar sebagai tempat pembelajaran dari anak-anak sampai orang tua dengan kegiatannya menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang teringgal/miskin. Saran dari penelitian ini adalah mengoptimalkan kegiatan-kegiatan yang ada dan mencari dukungan kemitraan yang lebih luas lagi, dan lebih semangat/giat dalam membantu kegiatan social dan lebih kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran agar lebih menyenangkan dalam kegiatan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Peranan Rumah Pintar, Peningkatan Akses Layanan Program PNF
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: sunarti perpus unnes
    Date Deposited: 07 Oct 2013 05:56
    Last Modified: 07 Oct 2013 05:56

    Actions (login required)

    View Item