KEEFEKTIFAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 RANDUGUNTING KOTA TEGAL


Pundhirela Kisnawaty, 1401409126 (2013) KEEFEKTIFAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 RANDUGUNTING KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 RANDUGUNTING KOTA TEGAL.]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 RANDUGUNTING KOTA TEGAL.)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode ceramah merupakan salah satu metode yang paling sering digunakan dalam pembelajaran PKn di SD. Seperti di SD Negeri 3 Randugunting Kota Tegal, guru menyampaikan materi secara lisan, siswa mencatatnya di buku tulis lalu dihafalkan. Pembelajaran yang berpusat pada guru membuat siswa bosan dan kurang tertarik, sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna dan berdampak pada hasil belajar yang tidak optimal. Metode role playing dapat menjadi alternatif pembelajaran PKn. Melalui role playing siswa mencoba mengeksplorasi hubungan, perasaan, sikap, nilai dan berbagai strategi pemecahan masalah antar manusia dengan cara memperagakan dan mendiskusikannya. Pembelajaran ini mendorong siswa aktif, kreatif dan merasa senang, sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan berdampak pada hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan metode role playing dengan siswa yang mendapatkan perlakuan metode ceramah pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama. Penelitian ini merupakan Penelitian eksperimen menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalen control group design. Populasi penelitian ini yaitu 39 siswa kelas V SD Negeri 1 Randugunting Kota Tegal sebagai kelas kontrol dan 41 siswa kelas V SD Negeri 3 Randugunting Kota Tegal sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 34 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi wawancara tidak terstruktur, studi dokumenter dan tes. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata dan analisis akhir. Analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian yang digunakan yaitu independent sample t-test. Semua penghitungan tersebut diolah dengan program SPSS versi 17. Hasil penelitian berupa hasil uji hipotesis terhadap hasil belajar siswa menunjukan thitung sebesar 2,614 dan ttabel sebesar 1,998 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan metode role playing dengan siswa kelas kontrol yang mendapat perlakuan metode ceramah pada materi keputusan bersama. Hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan metode role playing lebih baik daripada yang mendapat perlakuan metode ceramah, sehingga guru perlu mempertimbangkan menerapkan metode role playing pada pembelajaran PKn di SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode, role playing, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:23
Last Modified: 07 Oct 2013 10:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17346

Actions (login required)

View Item View Item