PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DEBONG TENGAH 1 TEGAL


Nur Faizah Isnaeni, 1401409066 (2013) PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DEBONG TENGAH 1 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DEBONG TENGAH 1 TEGAL]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DEBONG TENGAH 1 TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Debong Tengah 1 Tegal tahun pelajaran 2011/ 2012 pada mata pelajaran Matematika materi bilangan Romawi masih rendah. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan media pembelajaran yang dapat memotivasi dan mengaktifkan siswa. Guru hanya memberikan penjelasan di papan tulis. Berdasarkan kecenderungan tersebut, peneliti mengadakan inovasi pembelajaran matematika materi bilangan Romawi melalui penggunaan media kartu bilangan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Debong Tengah 1. Penelitian ini bertujuan memperbaiki dan meningkatkan performansi guru, motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Debong Tengah 1 Tegal tahun ajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 35 siswa. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil non tes dan tes. Data hasil non tes merupakan data hasil perolehan angket, pengamatan terhadap performansi guru dan aktivitas belajar siswa. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan tes evaluasi dan tes formatif. Indikator keberhasilan mencakup nilai performansi guru minimal 71 (B), motivasi belajar siswa ≥ 75%, aktivitas belajar siswa ≥ 75%, dan rata-rata nilai hasil belajar ≥63 dengan ketuntasan belajar klasikal ≥ 75%. Perolehan nilai performansi guru pada siklus I mencapai 81,75 meningkat pada siklus II menjadi 90,625. Selain itu nilai kesesuaian penggunaan media kartu bilangan pada siklus I 87,50 meningkat pada siklus II menjadi 100. Motivasi belajar siswa pratindakan mencapai 72,73%, meningkat menjadi 84,00% pada siklus I, dan 91,11% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 71,33% meningkat pada siklus II menjadi 85,17%. Nilai rata-rata kelas pada hasil tes evaluasi akhir siklus I mencapai 75,97 meningkat pada siklus II menjadi 79,94. Selain itu, nilai rata-rata kelas pada hasil tes formatif siklus I mencapai 69,11 meningkat pada siklus II menjadi 82,89 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 71,42% menjadi 85,71%. Disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bilangan dapat meningkatkan performansi guru, motivasi, aktivitas, dan hasil belajar matematika materi bilangan Romawi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Debong Tengah 1 Tegal. Disarankan guru kelas IV sekolah dasar dapat menggunakan media kartu bilangan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bilangan Romawi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Bilangan, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:31
Last Modified: 07 Oct 2013 10:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17341

Actions (login required)

View Item View Item