PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SELAKAMBANG KABUPATEN PURBALINGGA


Romadoni Setyaningsih, 1401409065 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SELAKAMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SELAKAMBANG KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SELAKAMBANG KABUPATEN PURBALINGGA)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA siswa kelas V SD N 3 Selakambang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga yang selama ini masih cenderung memaksimalkan peran guru dan kurang memaksimalkan peran serta keterlibatan siswa. Hal ini mengakibatkan motivasi belajar siswa rendah, aktivitas siswa dalam proses pembelajaranpun kurang, dan hasil belajar siswa belum maksimal. Untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan performansi guru, motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model group investigation untuk membelajarkan materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SD N 3 Selakambang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 3 Selakambang tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berupa hasil tes dan non tes. Hasil tes merupakan data perolehan evaluasi pada setiap pertemuan dan tes formatif tiap siklus. Sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil perolehan angket, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan performansi guru. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu skor performansi guru minimal B (≥ 71), motivasi siswa dalam pembelajaran minimal 71%, keaktifan siswa dalam pembelajaran minimal 75%, dan rata-rata nilai hasil belajar siswa ≥ 60, dengan persentase tuntas belajar klasikal minimal 75%. Hasil penelitian menunjukan nilai performansi guru melalui APKG 1 dan 2 telah memenuhi indikator keberhasilan dengan perolehan nilai akhir pada siklus I mencapai 84,57 dengan kategori AB, meningkat pada siklus II menjadi 90,85 dengan kategori A. Motivasi belajar saat pra siklus sebesar 67,38% meningkat pada siklus I menjadi 78,19%, kemudian pada siklus II menjadi 87,45% dan telah mencapai kriteria sangat tinggi. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I yang mencapai 74,34% meningkat pada siklus II menjadi 86% dan juga telah mencapai kriteria sangat tinggi. Nilai rata-rata kelas saat pelaksanaan siklus I yang mencapai 67,10 meningkat pada siklus II menjadi 72,79 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 73,68% menjadi 91,89%. Hasil tersebut membuktikan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penerapan model group Investigation telah berhasil meningkatkan performansi guru, motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Selakambang Kabupaten Purbalingga pada materi pesawat sederhana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation dan hasil belajar pesawat sederhana.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 12:02
Last Modified: 04 Oct 2013 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17339

Actions (login required)

View Item View Item