MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PROGRAM KEAHLIAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2012/2013


Sri Lestari , 1301409063 (2013) MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PROGRAM KEAHLIAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PROGRAM KEAHLIAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PROGRAM KEAHLIAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan data yang diperoleh dari studi pendahuluan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Purbalingga yang menunjukkan indikator kurangnya penyesuaian diri terhadap program keahlian. Apakah penyesuaian diri terhadap program keahlian pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2012/2013 dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang peningkatan penyesuaian diri terhadap program keahlian pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2012/2013 melalui layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (eksperimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling (sampling bertujuan). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang kurang dapat menyesuaikan diri terhadap program keahliannya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologis dengan jumlah 64 item yang sebelumnya telah diuji cobakan sehingga dapat digunakan dalam penelitian. Sedangkan metode analisis data yaitu deskriptif persentase dan uji hipotesis dengan uji Wilcoxon. Sebelum memperoleh layanan bimbingan kelompok, penyesuaian diri terhadap program keahlian pada siswa termasuk dalam kriteria rendah (38.03%) dan setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok kriteria penyesuaian diri terhadap program keahlian pada siswa menjadi tinggi (83.50%). Dari uji Wilcoxon diperoleh Zhitung sebesar 2.083 dan nilai Ztabel pada taraf signifikansi 5% dan N=10 yaitu 1.96. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyesuaian diri terhadap program keahlian pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2012/2013 dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Simpulannya adalah bahwa terdapat peningkatan signifikan penyesuaian diri terhadap program keahlian pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Purbalingga sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok. Saran yang dapat diberikan sebaiknya materi dalam bimbingan kelompok digunakan untuk meningkatkan penyesuaian diri terhadap program keahlian pada siswa dan siswa dapat melakukan perencanaan yang cermat dalam mengambil program keahlian, yaitu disesuaikan dengan bakat dan minat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penyesuaian diri, program keahlian, layanan bimbingan kelompok.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:41
Last Modified: 04 Oct 2013 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17338

Actions (login required)

View Item View Item