MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013


Yuniati , 1301408066 (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berinteraksi sosial sebagai sesuatu yang harus dimiliki setiap manusia karena manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lainnya, hubungan dengan manusia lain tidak lepas dari rasa ingin tahu tentang lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan membuktikan seberapa besar upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan pada siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2011-2012. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan ini diambil dari pendapat Tatik Romlah yang tujuannya adalah membantu siswa untuk mempelajari pengalaman-pengalaman yang berkaitan dengan aturan-aturan sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre eksperimen Design dengan jenis One Gruop pre test and post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Semarang Tahun Ajaran 2011-2012 yang berjumlah 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel random atau sampel acak, dimana yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII F berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala psikologis dengan jumlah 65 butir soal dan 55 butir soal dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan metode analisis data untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan sebagai upaya dalam meningkatkan perilaku interaksi sosial siswa melalui uji wilcoxon. Hasil penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui gambaran siswa sebelum memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan, secara keseluruhan siswa memperoleh persentase skor rata-rata 62,14% termasuk dalam kriteria Sedang (S). Setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan, hasil post test secara keseluruhan menunjukkan bahwa persentase skor rata-rata kemampuan interaksi sosial siswa meningkat menjadi 78,29% yang termasuk dalam kriteria tinggi (T). Dengan demikian, siswa yang telah memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan ini, kemampuan interaksi sosialnya meningkat, dimana peningkatan tersebut sebesar 16,15%. Dari uji Wilcoxon diperoleh Zhitung sebesar 2,803 dan nilai Ztabel pada taraf signifikan 5% dan N=10 diperoleh Ztabel sebesar 1,96. Terkait dengan uraian tersebut maka tingkat kemampuan interaksi sosial siswa sebelum dan setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan adalah berbeda dan mengalami peningkatan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Interaksi Sosial, LayananBimbinganKelompok dengan Teknik Permainan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 10:56
Last Modified: 04 Oct 2013 10:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17331

Actions (login required)

View Item View Item