MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA UNDERACHIEVER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SD NEGERI PEKUNDEN SEMARANG


AYU ZUMAROH KHASANAH , 1301408058 (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA UNDERACHIEVER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SD NEGERI PEKUNDEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA UNDERACHIEVER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SD NEGERI PEKUNDEN SEMARANG]
Preview
PDF (MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA UNDERACHIEVER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SD NEGERI PEKUNDEN SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VA SD Negeri Pekunden Semarang ada beberapa siswa underachiever yang diakibatkan oleh rendahnya motivasi belajar mereka. Melalui layanan bimbingan kelompok diharapkan motivasi belajar siswa ini dapat ditingkatkan. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan dua siklus. Subyek penelitian ini yaitu 10 siswa kelas VA SD Negeri Pekunden yang terdiri atas 7 siswa underachiever dan 3 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, agar terjadi dinamika kelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala motivasi belajar dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif yaitu deskriptif persentase dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata motivasi belajar siswa underachiever di kelas VA sebelum mendapatkan layanan sebesar 48.71% kategori rendah dengan rincian sebagai berikut: R-02 memiliki tingkat motivasi sebesar 53.5 % kriteria rendah, R-06 tingkat motivasi belajar 49.5% kriteria rendah, R-09 tingkat motivasi belajar 48.5% kriteria rendah, R-16 tingkat motivasi belajar 39.5% kriteria sangat rendah, R-24 tingkat motivasi belajar 49% kriteria rendah, R-25 tingkat motivasi belajar 49.5% kriteria rendah, dan R-36 tingkat motivasi belajar 51.5% kriteria rendah. Persentase rata-rata motivasi belajar siswa underachiever di kelas VA selama pemberian tindakan setelah siklus I sebesar 60.71% kategori sedang dengan rincian R-02 sebesar 60.5% kriteria sedang, R-06 sebesar 63% kriteria sedang, R-09 sebesar 61% kriteria sedang, R-16 sebesar 48% kriteria rendah, R-24 sebesar 65.5% kriteria sedang, R-25 sebesar 58.5% kriteria sedang, R-36 sebesar 68.5% kriteria sedang. Persentase setelah siklus 2 sebesar 79% kategori tinggi dengan rincian R-02 sebesar 75.5% kriteria tinggi, R-06 sebesar 75% kriteria tinggi, R-09 sebesar 74.5% kriteria tinggi, R-16 sebesar 71% kriteria tinggi, R-24 sebesar 76% kriteria tinggi, R-25 sebesar 75.5% kriteria tinggi, R-36 sebesar 87.5% kriteria sangat tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi belajar siswa underachiever dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok yang tepat. Saran yang diberikan adalah hendaknya di SD Negeri Pekunden ada guru bimbingan konseling yang dengan khusus mengurusi perkembangan siswa, karena guru kelas saja tidak cukup dan kurang berkompeten dalam menangani permasalahan siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Underachiever
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 10:46
Last Modified: 04 Oct 2013 10:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17327

Actions (login required)

View Item View Item