HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN DINAMIKA KELOMPOK DALAM PROSES BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMP NEGERI 13 SEMARANG


Purwo Herlianto , 1301408057 (2013) HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN DINAMIKA KELOMPOK DALAM PROSES BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMP NEGERI 13 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN DINAMIKA KELOMPOK DALAM PROSES BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMP NEGERI 13 SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN DINAMIKA KELOMPOK DALAM PROSES BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMP NEGERI 13 SEMARANG)
Download (897kB) | Preview

Abstract

Aktivitas siswa di sekolah tidak lepas dari kehidupan sosial dengan teman sekolah maupun teman kelas, ini karena siswa pada hakikatnya adalah makhluk sosial disamping sebagai makhluk individu, yang artinya siswa tersebut membutuhkan orang lain dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan, baik itu kebutuhan secara fisik maupun psikologis Sejalan dengan bergulirnya waktu dan pengalaman siswa berinteraksi dengan siswa lainya akan memunculkan rasa ketertarikan satu sama lain. Rasa ketertarikan satu sama lain inilah yang akan membentuk seberapa dekat atau akrab siswa dengan teman yang lainya, sehingga akan membentuk sebuah kelompok yang masing-masing kelompok tersebut didalamnya anggotanya saling tertarik, saling menyukai, dan akrab. Dalam kegiatan kelompok siswa dibutuhkan rasa saling menyukai, saling ketergantungan dan adanya dorongan untuk bertahan dalam kelompok yang bisa kita sebut kohesivitas. Kohesivitas ini penting untuk menumbuhkan dinamika kelompok dalam mencapai tujuan, khususnya dalam kegiatan layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan latar belakang tersebut maka terdapat empat rumusan masalah yaitu bagaimana gambaran tingkat kohesivitas, gambaran tingkat dinamika kelompok,dan faktor-faktor yang menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam proses bimbingan kelompok serta adakah hubungan antara kohesivitas kelompok dengan dinamika kelompok dalam proses bimbingan kelompok pada siswa SMP Negeri 13 Semarang, berkaitan dengan rumusan masalah tersebut, maka peneliti bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kohesivitas kelompok, gambaran tingkat dinamika kelompok, faktor-faktor yang menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam proses bimbingan kelompok, serta membuktikan secara empiris hubungan antara kohesivitas kelompok dengan dinamika kelompok dalam proses bimbingan kelompok pada siswa SMP Negeri 13 Semarang Penelitian ini temasuk dalam jenis penelitian ex post facto, menggunakan metode non tes dalam pengumpulan data. Alat instrumen menggunakan skala untuk mengetahui tingkat kohesivitas dan tingkat dinamika kelompok, serta didukung instrumen wawancara untuk memperdalam pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat atau tinggi antara kohesivitas kelompok dengan dinamika kelompok dalam proses bimbingan kelompok pada siswa SMP Negeri 13 Semarang, dengan nilai koefesien korelasi r = 0,702, dengan tingkat signifikansi p = 0,000 < α = 0,05.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kohesivitas Kelompok, Dinamika Kelompok, Bimbingan Kelompok.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 10:47
Last Modified: 04 Oct 2013 10:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17326

Actions (login required)

View Item View Item